Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 22 September 2018 | 19:11 WIB

LPAI Nilai Anak Teroris Harus Dilindungi Negara

Oleh : Ray Muhammad | Selasa, 22 Mei 2018 | 19:34 WIB

Berita Terkait

LPAI Nilai Anak Teroris Harus Dilindungi Negara
Kepala Bidang Pemenuhan Hak Anak LPAI, Reza Indragiri - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Kepala Bidang Pemenuhan Hak Anak LPAI, Reza Indragiri menilai pentingnya pertanggungjawaban negara dalam melindungi anak-anak yang keluarganya terlibat kasus terorisme.

Dia mengatakan setelah anak-anak yang dilibatkan dalam aksi terorisme ini ditetapkan statusnya sebagai korban, bukan pelaku maka mereka juga harus diberikan perlindungan khusus oleh negara.

"Hal yang selama ini terlupa ialah anak-anak korban ini. LPAI meminta tanggung jawab negara terkait perlindunhan khusus kepada anak-anak yang terlibat jaringan terorisme," kata Reza di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (22/5/2018).

Adapun perlindungan ini perlu diberikan untuk mencegah munculnya stigma terhadap anak-anak atas aksi terorisme yang dilakukan orangtua atau keluarga mereka.

"Anak-anak terduga teroris juga harus dapat hak-hak terbaiknya. Tidak hanya penghukuman terduga teroris kepada ayah dan ibunya tapi anak-anak ini juga mendapat sanksi sosial. Mereka diusir lalu di masyarakat baru mereka terisolasi. Mereka korban stigma. Undang-undang Perlindungan Anak menyebutkan bahwa mereka tidak boleh jadi korban stigma perbuatan orang tuanya," paparnya.

Lebih jauh, ia menegaskan pernyataan LPAI yang menilai perlunya perlindungan bagi anak-anak terduga teroris bukan berarti pihaknya mendukung aksi radikalisme.

"Jangan ditafsirkan kami berpihak terorisme, sama sekali tidak. Langkah hukum kita harus luar biasa. Terorisme adalah perbuatan yang harus kita perangi bersama," tandasnya. [ton]

Komentar

x