Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 12 Desember 2018 | 02:41 WIB

Idrus Ogah Jawab Soal Aliran Dana dari Fayakhun

Senin, 21 Mei 2018 | 20:01 WIB

Berita Terkait

Idrus Ogah Jawab Soal Aliran Dana dari Fayakhun
Menteri Sosial Idrus Marham - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Sosial Idrus Marham irit bicara seusai menjalani pemeriksaan sebagai saksi untuk tersangka Fayakhun Andriadi dalam kasus suap pembahasan anggaran Bakamla di DPR.

"Jadi, hari ini saya sengaja datang sendiri, ya, meskipun belum ada panggilan dalam rangka untuk memberikan konfirmasi dalam posisi saya sebagai Sekjen dahulu terkait dengan kasus Bakamla itu saja," kata Idrus di Gedung KPK, Jakarta, Senin (21/5/2018).

KPK membutuhkan keterangan Idrus untuk mengklarifikasi informasi aliran dana dalam pembahasan anggaran Bakamla di DPR.

Saat dikonfirmasi soal aliran dana itu, Idrus juga enggan berkomentar lebih lanjut.

"Ya, sudah tanya saja di sana nanti. Pokoknya sudah saya berikan konfirmasi," ucap politikus Partai Golkar itu.

Nama Idrus sendiri mencuat dalam kasus Fayakhun karena disebut oleh politikus Partai Golkar lainnya, yaitu Yorrys Raweyai sesuai menjalani pemeriksaan juga sebagai saksi untuk tersangka Fayakhun.

Saat itu, Yorrys mengaku dikonfirmasi oleh KPK soal pemberian uang sebesar Rp1 miliar dari anggota DPR RI 2014 s.d. 2019 dari Fraksi Golkar Fayakhun Andriadi.

"Dari laporan Fayakhun dalam pemeriksaannya bahwa dia ada memberikan uang kepada beberapa orang di antaranya saya. Dalam rangka apa tentunya, dia katakan dalam rangka proses dia untuk menjadi Ketua Golkar DKI pada bulan April (2017) yang lalu tetapi kejanggalannya bahwa uang itu diserahkan kepada saya pada bulan Juni. Ini 'kan tidak masuk logika," kata Yorrys seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (14/5).

Menurut dia, KPK berdasarkan keterangan Fayakhun bahwa ada beberapa nama juga yang diduga turut menerima uang untuk dukungan pencalonan Fayakhun tersebut.

"Jadi, KPK cuma mengatakan bahwa ada beberapa nama yang disebutkan, seperti Pak Idrus, kemudian ada Pak Freddy tetapi memang menurut tadi penyidik bagus karena ini disebut, dia hanya mau untuk konfirmasi karena takutnya kalau sampai di persidangan 'kan nanti jadi persoalan baru 'kan," kata dia.

Idrus pun enggan menanggapinya lebih lanjut saat dikonfirmasi awak media soal uang aliran dari Fayakhun itu.

"Ya, Allah, ya, sudahlah. Saya katakan 'kan saya sudah bilang tadi substansinya di sana tetapi saya sudah jelaskan semua, ya," kata Idrus.

Ia pun mengaku memang dikonfirmasi penyidik soal tuduhan tersebut.

"Ya, konfirmasi apa yang dituduhkan itu 'kan sudah saya jelaskan," ungkap Idrus.

KPK telah menetapkan Fayakhun Andriadi sebagai tersangka dalam kasus tersebut pada tanggal 14 Februari 2018.[tar]

Komentar

Embed Widget
x