Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 19 September 2018 | 07:25 WIB

Daftar Nama Mubaligh Terkesan Dipaksakan Kemenag

Oleh : Willi Nafie | Senin, 21 Mei 2018 | 07:00 WIB

Berita Terkait

Daftar Nama Mubaligh Terkesan Dipaksakan Kemenag
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Langkah Kementerian Agama merilis 200 nama mubalig sebagai rekomendasi bagi masyarakat yang mencari penceramah terkesan dipaksakan, tidak siap dan terburu-buru.

"Bagaimana mungkin negara kita dari sabang sampai merauke dengan penduduk katakanlah yang muslim sekitar 200 jutaan, sementara ustad atau ulama yang dirilis cuman 200 orang kan tidak mewakili. Artinya kemenag ini terlalu memaksakan diri tergesa-gesa" kata Sekretaris Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah, Pedri Kasman, kepada INILAHCOM, Minggu (20/5/2018).

Di samping itu, lanjut Pedri, langkah Kemenag ini pun menuai pro-kontra di masyarakat.

"Ternyata dari data yang dari 200 orang itu ternyata datanya juga tidak valid gitu. Ada yang dikatakan fasih bahasa Arab ternyata tidak, saya hafal beberapa nama dia basic ilmu umum bukan ilmu agama dan tak pernah nyantri dan dia sendiri tidak mengaku sebagai ustadz gitu," tuturnya.

Pedri menambahkan, keputusan merilis 200 nama penceramah itu pun dinilai mengabaikan mubalig lainnya yang dianggap mumpuni dalam memberikan ceramah.

"Justru dikenal di masyarakat justru tidak masuk ada banyak sekali. Abdul Somad dan Bachtiar Nasir juga tidak masukkan. Pertanyaan nya apakah mereka ini tidak punya kapasitas atau belum terjangkau oleh Kemenag," tandasnya.

Kemenag telah merilis 200 nama penceramah guna direkomendasikan bagi masyarakat, mengingat selama ini, Kementerian Agama sering dimintai rekomendasi mubalig oleh masyarakat.

Menurut Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin 200 daftar nama penceramah itu telah memenuhi tiga kriteria, pertama memiliki kompetensi keilmuan agama mumpuni, reputasi baik, dan komitmen kebangsaan. Daftar nama itu merupakan hasil masukan tokoh agama, ormas keagamaan, dan tokoh masyarakat.

Namun keputusan merilis 200 nama penceramah atau mubalig sebagai rekomendasi penceramah ini menuai pro-kontra. [wll]

Komentar

x