Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 15 Agustus 2018 | 13:05 WIB

Menag Akui Rilis 200 Nama Penceramah Moderat

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Jumat, 18 Mei 2018 | 22:21 WIB
Menag Akui Rilis 200 Nama Penceramah Moderat
Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin - (Foto: Inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin mengakui Kementerian Agama telah merilis 200 nama penceramah yang moderat. Menurut dia, pihaknya banyak mendapat pertanyaan dari sejumlah kalangan untuk bisa mendapat penceramah yang baik.

"Oleh karena itu, kami meminta informasi dari sejumlah ormas Islam, meminta informasi dari sejumlah masjid besar, tokoh-tokoh ulama, kiai, pemuka agama," kata Lukman di Kompleks Istana Kepresidenan, Jumat (18/5/2018).

Setelah itu, kata dia, pihaknya menghimpun saat ini karena untuk segera bisa memenuhi harapan pihak yang menghendaki daftar nama penceramah itu dan baru 200 daftar yang didapat oleh Kementerian Agama.

"Tentu, ini nanti akan secara bertahap akan ada susulan. Bukan berarti yang tidak termasuk daftar 200 itu bukan penceramah moderat. Tapi yang jelas, yang 200 itu sudah benar-benar atas rekomendasi dari sejumlah kalangan," ujarnya.

Ia menjelaskan ada tiga hal indikator dalam menentukan 200 nama penceramah moderat tersebut, yakni mereka punya kompetensi tinggi terhadap ajaran agama Islam.

Kemudian, punya pengalaman yang cukup dalam berceramah, menjadi penceramah tidak hanya penguasaan konten tapi keterampilan dalam menyampaikan isi pesan ke masyarakat.

"Ketiga, terbukti bahwa yang bersangkutan memiliki komitmen kebangsaan yang tinggi," jelas dia.

Namun demikian, Lukman mengatakan tidak ada kewajiban untuk masyarakat mengikuti 200 nama penceramah yang moderat yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama tersebut.

"Tidak ada kewajiban. Itu adalah nama bagi mereka yang membutuhkan dan memerlukan. Sekarang banyak sekali mushola, majelis ta'lim di kementerian, lembaga instansi BUMN dan mereka meminta masukan itu, sehingga kita memenuhi," tandasnya. [ton]

Komentar

x