Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 15 Agustus 2018 | 13:03 WIB

Titik Kemacetan Mudik Akan Pindah di Exit Pemalang

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Jumat, 18 Mei 2018 | 20:32 WIB
Titik Kemacetan Mudik Akan Pindah di Exit Pemalang
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Royke Lumowa mengecek kesiapan jalur tol Jawa untuk arus mudik 2018. Mudik tahun ini jalur tol akan tersambung dari Jakarta sampai ke Pemalang. - (Foto: Inilahcom/Yusuf Agam)

INILAHCOM, Pemalang - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Royke Lumowa mengecek kesiapan jalur tol Jawa untuk arus mudik 2018. Mudik tahun ini jalur tol akan tersambung dari Jakarta sampai ke Pemalang.

Menurut Royke, dengan tersambung jalur tol Jawa sampai ke Pemalang seacara operasional penuh. Ia menyebut titik kemacetan akan terjadi di exit tol Pemalang atau exit Gandulan.

"Ini nanti titik (di tol Pemalang) krusial yang pikiran kami ini adalah kepadatan terjadi disini khususnya yang ke menuju arah ke semarangnya," kata Royke di exit tol Pemalang, Jawa Tengah, Jumat (18/5/2018).

Royke menjelaskan di titik tol Pemalang atau exit Gandulan ini akan ada dua pintu krusial. Pertama pintu exit Gandulan yang mengarah ke jalur arteri, kedua pintu pembayaran tol akhir yang akan melanjutkan ke arah Semarang.

"Kalau disini (exit Gandulan arah arteri) mungkin tidak begitu padat ya. Tapi kalao disana karena gate pembayaran ada antrian, karena ini masih fungsional ya, membayar akhir yang arah ke Semarang," terang Royke.

Untuk mengurai kepadatan di tol Pemalang, pihaknya sudah menyiapakan beberapa rekayasa lalu lintas. Salah satunya dengan mengeluarkan kendaraan ke exit sebelumnya di exit Brebes Timur atau exit Kaligangsa.

"Kita atur ya. Itu koordinasi dengan yang lain misal padat, panjang. Berarti ada beberapa yang kita alirkan nanti ke tegal kota sebelum sampai Pemalang, atau Ujung rusi ada beberapa yang kita alirkan dan keluarkan ke Brexit, atau mungkin pejagan," tutur Royke.

Mudik 2018 ini, jalur tol dari Jakarta akan membentang secara operasional sepanjang 311 KM dengan tujuan akhir Pemalang. Namun, jika pemudik ingin melanjutkan ke arah Jawa Tengah dapat melalui tol tersebut secara fungsional. [ton]

Komentar

x