Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 20 September 2018 | 00:48 WIB

Jokowi Perintahkan Pantau Single Submission

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Rabu, 16 Mei 2018 | 18:32 WIB

Berita Terkait

Jokowi Perintahkan Pantau Single Submission
Presiden Joko Widodo (Jokowi) - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan kepada Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko untuk memantau seluruh kementerian, lembaga non kementerian dan pemerintah daerah dalam kaitan persiapan peluncuran online single submission (sistem terintegrasi).

Jokowi menyampaikan hal ini dalam Sidang Kabinet Paripurna yang membahas persiapan peluncuran online single submission di Istana Merdeka, Jakarta pada Rabu (16/5/2018).

Pertama, Presiden Jokowi perintahkan kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang semuanya nanti terintegrasi dengan online submission ini betul-betul mempersiapkan diri, baik infrastruktur teknologinya maupun sumber daya manusianya.

"Yang paling penting adalah dalam merubah kultur birokrasi yang kita miliki," kata Jokowi.

Menurut dia, saat sistem ini diluncurkan maka harus betul-betul sudah hilang yang namanya ego sektoral dan tidak ada lagi prosedur yang ribet, berbelit-belut, berlama-lama. Sebab, semua harus lebih terintegrasi, lebih cepat dan sinergis antara kementerian, lembaga dan pemerintah daerah.

Kedua, Jokowi perlu mengingatkan bahwa reformasi tidak hanya soal penerapan sistem online saja, bukan hanya itu. Tetapi, juga terkait penyederhanaan regulasi yang menghambat pelaksanaan berusaha, baik di kementerian, lembaga maupun daerah.

"Untuk itu, saya perintahkan juga kepada Kepala Staf Kepresidenan untuk memonitor ini dan melaporkan kepada saya kementerian apa saja dan lembaga non kementeria apa saja yang masih belum melaksanakan, yang masih menghambat dalam pelaksanaan dan penyederhanaan regulasi yang ada di kementerian masing-masing," ujarnya. [ton]

Komentar

x