Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 19 Agustus 2018 | 01:57 WIB

Terduga Teroris Penyerang Polda Riau Jaringan NII

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Rabu, 16 Mei 2018 | 17:41 WIB
Terduga Teroris Penyerang Polda Riau Jaringan NII
Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Mapolda Riau diserang 5 terduga teroris Rabu (16/5) pagi tadi. 4 diantaranya tewas, sementara 1 orang ditangkap.

Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan kelima terduga teroris yang menyerang Polda Riau merupakan jaringan Negara Islam Indonesia (NII). NII merupakan kelompok pendukung jaringan ISIS.

"Keterangan kelompok ini Negara Islam Indonesia (NII) yang afiliasi dengan ISIS dumai. Satu yang ditangkap belum diketahui masih pendalaman," jelas Setyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (16/5/2018).

Setyo menerangkan kelima terduga teroris juga sempat ke Jakarta untuk menyerang Mako Brimob saat kerusuhan terjadi. Kelimanya melakukan perjalanan ke Jakarta dengan dua terduga teroris di Sumatera Selatan.

Namun, karena karena kerusuhan di Mako Brimob sudah kondusif, mereka akhirnya pulang ke asal masing-masing. Dua terduga teroris di Sumatera Selatan ditangkap terlebih dahulu pada Selasa (15/5) kemarin. Sementara kelimanya ini melancarkan serangan pada Ravy (16/5) pagi ini.

"Kalau rekan-rekan ingat ada dua orang dari Sumsel dan empat dari Riau, mereka sudah datang ke Mako, namun karena Mako sudah kondusif mereka pulang. Dua pulang ke Sumsel sudah ditangkap (Selasa kemarin), Nah ini empat ke Pekanbaru melakukan penyerangan ke Mapolda Riau dapat kita patahkan," terang Setyo.

Mapolda Riau diserang oleh terduga teroris sekitar pukul 09.00 WIB, Rabu (16/5/2018) pagi. Terduga teroris menyerang dengan menggunakan mobil avanza warna putih dengan menerobos pintu masuk Polda Riau. Namun, polisi berhasil menggalkannya hingga akhrinya terjadi baku tembak.

Dalam insiden ini, dua anggota Polri terluka, sementara satu anggota gugur. Empat terduga teroris berhasil dilumpuhkan. Sementara ada dua jurnalis yang ikut menjadi korban luka karena ditabrak terduga teroris yang hendak kabur. Namun berhasil ditangkap hanya beberapa saat setelah kabur.[jat]

Komentar

Embed Widget

x