Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 19 Agustus 2018 | 02:00 WIB

Kemenag Usut Lembaga Pendidikan yang Tolak Upacara

Oleh : Ray Muhammad | Selasa, 15 Mei 2018 | 16:22 WIB
Kemenag Usut Lembaga Pendidikan yang Tolak Upacara
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin angkat bicara soal kabar adanya sekolah di daerah Semarang, Jawa Tengah yang menolak melakukan upacara bendera.

Ia memastikan, Kemenag selaku kementerian yang membawahi sejumlah lembaga pendidikan mulai dari pondok pesantren, madrasah hingga perguruan tinggi keagamaan bakal menyelidiki lebih jauh mengenai hal ini.

"Itu akan lebih menekankan bahwa seluruh aktivitas akademika, misalnya perguruan tinggi keagamaan atau semua siswa, guru-guru, tenaga pendidikan di madrasah dan lembaga pendidikan kita untuk betul-betul bisa menunjukkan komitmennya kepada bangsa dan negara," jelas Lukman di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (15/5/2018).

Menag memastikan bakal menegaskan kepada seluruh lembaga pendidikan perlunya memiliki kesadaran yang tinggi bahwa Indonesia merupakan negara yang berdasarkan azas Pancasila.

"Kita memiliki lagu kebangsaan Indonesia Raya, punya Sang Saka Merah Putih sebagai simbol negara yang semuanya itu harus betul-betul kita hormati. Jadi, kami tdak menolerir adanya mereka-mereka yang tidak tunduk, tidak menunjukkan komitmen yang tinggi terhadap semua itu," paparnya.

Lebih jauh, pemerintah melalui Kemenag bakal memberikan sanksi kepada lembaga pendidikan keagamaan yang menolak menjadikan ideologi bangsa dan negara diterapkan dalam lingkungan mereka.

"Kami tegas mengatakan bahwa setia dan komitmen kepada Pancasila, Undang-undang Dasar, NKRI dan semboyan Bhineka Tunggal Ika. Itu bagian yang tdak terpisahkan. Tentu akan ada sanksi tersendiri," tuturnya. [ton]

Tags

Komentar

x