Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 22 Oktober 2018 | 14:08 WIB

Jokowi Minta Antisipasi Ketidakpastian Ekonomi

Oleh : Ray Muhammad | Selasa, 15 Mei 2018 | 12:22 WIB

Berita Terkait

Jokowi Minta Antisipasi Ketidakpastian Ekonomi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas dengan topik kebijakan ekonomi makro dan pokok-pokok kebijakan fiskal tahun 2019 di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Selasa (15/5/2018).

Melalui sambutannya, Jokowi meminta agar momentum pertumbuhan ekonomi nasional di Kuartal pertama 2018 yang mencapai angka 5,06% dapat terus ditingkatkan.

"Dengan menjaga daya beli, meningkatkan investasi dan meningkatkan daya saing ekspor kita. Khusus untuk ekspor, berbagai hambatan ekspor baik di perizinan di perbankan di pembiayaan termasuk pajak dan kepabeanan harus segera kita hilangkan," ujar Jokowi.

Hal ini, lanjutnya, termasuk bukan hanya dari pemerintah pusat namun juga yang berasal dari pemerintah daerah. "Jangan kita ragu untuk mendesain insentif-insentif yang tepat Segera lakukan sekarang dan kita harapkan manfaatnya akan segera datang," katanya.

Kepala Negara lalu mengingatkan jajarannya pentingnya mewaspadai resiko ketidakpastian ekonomi global hingga volatilitas keuangan global yang dipicu kebijakan normalisasi moneter di Amerika Serikat.

"Ini telah banyak mengakibatkan depresiasi mata uang negara-negara di dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Alhamdulillah dibandingkan negara-negara yang lain, kita masih jauh lebih baik," ucapnya.

Jokowi lalu mengingatkan pentingnya mengantisipasi faktor eksternal yang lainnya, seperti harga minyak potensi barang dagang Amerika-Tiongkok serta kondisi geopolitik internasional.

"Kita juga perlu menyiapkan mitigasi ketidakpastian global ini serta makan antisipasi pergerakan menuju keseimbangan baru-baru ekonomi global," tandasnya. [rok]

Komentar

Embed Widget
x