Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 20 Oktober 2018 | 12:39 WIB

Bom Gereja Surabaya

SBY Ingatkan Negara Harus Waspada Hadapi Teror

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Selasa, 15 Mei 2018 | 08:13 WIB

Berita Terkait

SBY Ingatkan Negara Harus Waspada Hadapi Teror
Mantan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Mantan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengingatkan kepada pemerintah serta aparat keamanan untuk tetap waspada dalam menangani serta memerangi aksi terorisme di Indonesia.

Ketua Umum Partai Demokrat ini berbagi pengalaman berharga yang dapat dipetik pelajarannya dalam menghadapi aksi terorisme di negara tercinta, yakni tetap hati-hati.

"Negara dalam menghadapi terorisme harus selalu waspada dan tidak boleh lengah," kata SBY dalam unggahan video di akun twitternya, Senin (14/5/2018).

Untuk itu, SBY mengatakan dalam kaitan ini peran aparat intelijen, aparat kepolisian dan komando teritorial Tentara Nasional Indonesia (TNI) sangat penting.

"Ini pengalaman yang sangat berharga, pelajaran yang dapat kita petik," ujarnya.

Untuk diketahui, aksi kerusuhan terjadi di Rumah Tahanan (Rutan) Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat pada Selasa (8/5/2018). Kerusuhan tersebut dilakukan oleh narapidana teroris, bahkan mengakibatkan lima orang tewas dari Anggota Polri.

Setelah itu, aksi bom bunuh diri terjadi di tiga gereja wilayah Surabaya, Jawa Timur yakni Gereja Santa Maria Tak Bercela di Ngagel, GKI di Jalan Diponegoro, GPPS Jemaat Sawahan di Jalan Arjuna pada Minggu (13/5/2018) pagi. Akibatnya, sepuluh orang tewas dan 41 korban luka dalam peristiwa itu.

Selanjutnya, terdengar lagi aksi bom bunuh diri di Rusunawa Wonocolo, Sidoarjo, Jawa Timur pada Minggu (13/5/2018) malam harinya. Akibatnya, tiga orang tewas dan dua orang anak-anak mengalami luka yang dibawa ke rumah sakit.

Tak hanya itu, aksi teror bom bunuh diri kembali terjadi di Markas Polrestabes Surabaya Jawa Timur yang diduga dilakukan oleh pengendara sepeda motor pada Senin (14/5/2018) pagi.[ris]

Komentar

Embed Widget
x