Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 25 Juni 2018 | 13:03 WIB
 

KPK Cecar Yorrys Soal Uang Rp1 M dari Fayakhun

Oleh : Fadhly Zikry | Senin, 14 Mei 2018 | 18:30 WIB
KPK Cecar Yorrys Soal Uang Rp1 M dari Fayakhun
Yorrys Raweyai - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menanyakan dugaan aliran uang suap dari Fayakhun Andriadi kepada Yorrys Raweyai.

Uang tersebut terkait kasus dugaan suap pembahasan dan pengesahan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian/Lembaga (RKAKL) dalam APBN-P 2016 untuk Bakamla.

"Ya dari laporan Fayakhun dalam pemeriksaan dia bahwa dia ada memberikan uang kepada beberapa orang diantaranya saya," kata Yorrys usai diperiksa di Gedung KPK, Jakarta, Senin (14/5/2018).

Sebelumnya saat diperiksa penyidik, Fayakhun mengaku memberikan uang kepada Yorrys agar dirinya terpilih menjadi Ketua DPD Golkar DKI Jakarta pada April 2016.

"Tapi kejanggalannya bahwa uang itu diserahkan ke saya, bulan Juni. Ini kan nggak masuk logika. Sekarang begini, dia minta dukungan kepada saya untuk menjadi Ketua Golkar DKI bulan April, tapi uang yang dia kasih ke saya Rp1 miliar itu bulan Juni. Anda minta dukungan, masa bayar setelah jadi sekian bulan? Itu kan nggak mungkin. Jadi secara logika itu nggak mungkin," tutur Yorrys.

Untuk diketahui, dalam kasus ini Fayakhun diduga menerima fee 1 persen dari total anggaran proyek senilai Rp1,2 triliun. Sehingga uang yang diterima Fayakhun berjumlah Rp12 miliar dari Direktur Utama PT Melati Technofo Indonesia Fahmi Darmawansyah melalui anak buahnya Muhammad Adami Okta.

Suap untuk Fayakun diberikan secara bertahap sebanyak empat kali. Selain itu, Fayakhun juga diduga menerima 300 ribu dolar AS sebagai balas jasa atas perannya memuluskan anggaran pada APBN-P 2016. [ton]

Komentar

 
x