Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 24 Mei 2018 | 03:20 WIB
 

Pungli Supir Truk Bawa Nama Serikat Pekerja

Oleh : Happy Karundeng | Sabtu, 12 Mei 2018 | 22:05 WIB
Pungli Supir Truk Bawa Nama Serikat Pekerja
(Foto: Ilustrasi)

INILAHCOM, Pekanbaru - Kabid Humas Polda Riau, AKBP Sunarto mengatakan pihaknya menangkap HS (20) dan RA (32) dua pelaku pungutan liar (pungli) terhadap supir-supir truk.

Ia menjelaskan, dalam aksinya, para pelaku yang ditangkap pada Jumat kemarin (11/5/2018) mengatasnamakan pungutan tersebut sebagai setoran ke organisasi Serikat pekerja tertentu.

"Mereka mengaku itu setoran," katanya di Pekanbaru, Sabtu (12/5/2018)

Dari pemeriksaan polisi, kedua pelaku mengaku melakukan pungutan liar tersebut atas perintah dari petinggi Serikat pekerja setempat.

"Polisi saat ini masih mendalami keterangan tersebut," katanya.

Ia menyampaikan hal itu seusai menemui sekitar 70 orang pengemudi truk yang beroperasi di pulau Sumatera, Jawa dan Kalimantan. Mereka mengeluhkan banyak premanisme dan pungutan liar berbentuk pengecatan truk dengan nama kelompok tertentu saat melintasi jalanan di Sumatera, Jawa dan Kalimantan.

Bila truk sudah dicat atau lazim disebut "dicap" maka pengemudi harus membayar sejumlah uang kepada kelompok yang "mengecap" truk itu, bila tidak maka ada kaca truk akan dipecahkan, atau ban disobek bahkan supir ditodong golok. [tar]

Tags

Komentar

 
Embed Widget

x