Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 15 Agustus 2018 | 18:46 WIB

Penanganan Napiter di Brimob Dianggap Sudah Benar

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Sabtu, 12 Mei 2018 | 02:21 WIB
Penanganan Napiter di Brimob Dianggap Sudah Benar
Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko - (Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko mengatakan proses penanganan insiden kerusuhan narapidana terorisme di Rumah Tahanan (Rutan) Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat sudah benar prosedurnya.

"Proses dan prosedur penanganan atas peristiwa yang terjadi di Brimob, secara prosedur dan proses penanganan sudah berjalan sangat baik," kata Moeldoko, Jumat (11/5/2018).

Pertama, kata dia, ada pelaporan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Saat itu, Moeldoko mendampingi Jokowi di Pekanbaru. Kemudian, Jokowi memberi petunjuk untuk segera dibentuk sebuah kesatuan komando atau posko yang diketuai Menko Polhukam Wiranto.

"Instrumen keamanan semuanya disiapkan. Menko Polhukam, ada Pak Kapolri tapi masih di luar, Panglima TNI, Kepala BIN. Instrumen keamanan dan pertahanan telah disiapkan baik," ujarnya.

Menurut dia, petunjuk Jokowi yang disampaikan jamgan ragu-ragu supaya tegas dalam penanganan. Namun, harus menghindari korban yang tidak perlu. Artinya, jangan menimbulkan korban yang tidak perlu atau korban yang banyak.

"Batasan waktu segera diselesaikan, itu petunjuk dari presiden," jelas dia.

Dengan demikian, Moeldoko menjelaskan dalam militer, kepolisian itu ada prosedur pengambilan keputusan. Maka, setelah Presiden Jokowi memberi petunjuk dan disitulah berjalan prosedur pengambilan keputusan.

"Nah Menko Polhukam, Wakapolri, Panglima TNI, Kepala BIN biasa untuk melihat situasi dengan jernih. Akhirnya, ada beberapa alternatif tindakan yang akan dilakukan yakni serbu langsung dan intention dulu setelah itu tindakan taktis berikutnya," tandasnya. [ton]

Komentar

x