Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 24 Mei 2018 | 03:34 WIB
 

Tiga Pekerja Asing di Dumai Dipulangkan

Oleh : - | Jumat, 11 Mei 2018 | 23:17 WIB
Tiga Pekerja Asing di Dumai Dipulangkan
(Foto: Ilustrasi)

INILAHCOM, Dumai - Tim Pemantauan Orang Asing (TPOA) Kota Dumai, Riau memulangkan tiga tenaga kerja asing ke negara asal karena bekerja di satu pabrik hanya mengantongi visa kunjungan.

Sekretaris TPOA Dumai Muhammad Abduh mengatakan tiga warga asing asal Tiongkok dan Vietnam itu bekerja sebagai operator mesin dan alat. Dan pemulangannya diproses oleh keimigrasian.

"Dari pemantauan ditemukan tiga orang asing bekerja di pabrik tanpa visa kerja, dan dilakukan penindakan dengan pemulangan ke negara asal," kata Abduh, Jumat (11/5/2018).

Dijelaskan, pengawasan orang asing diagendakan TPOA Dumai tiap bulan dengan sasaran diacak dan mendadak, tujuan untuk melihat kepatuhan perusahaan melaporkan keberadaan pekerja asal luar negeri.

Rutinitas pemantauan orang asing ini juga untuk memastikan tidak ada perusahaan dan pekerja melanggar ketentuan berlaku, sehingga iklim ketenagakerjaan di Dumai aman dan kondusif.

"Tim juga turun ke lapangan ketika ada laporan, namun sepanjang tahun ini tidak ditemukan persoalan ketenagakerjaan menyangkut orang asing, dan semuanya sudah berjalan sesuai prosedur," sebutnya. [tar]

Komentar

 
Embed Widget

x