Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 23 Oktober 2018 | 07:19 WIB

Jokowi Janji Beri Gelar Pahlawan untuk KH Syamun

Oleh : Ray Muhammad | Jumat, 11 Mei 2018 | 17:11 WIB

Berita Terkait

Jokowi Janji Beri Gelar Pahlawan untuk KH Syamun
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku telah menerima usulan dari Yayasan Al-Khairiyah Citangkil agar pendirinya yakni Brigjen K.H Syamun menerima gelar pahlawan nasional.

Hal ini disampaikan Jokowi saat memberikan sambutannya dalam Peringatan Harlah Yayasan Al-Khairiyah ke-93 bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Auditorium PB Al Khairiyah Citangkil, Cilegon, Banten, Jumat (11/5/2018).

"Terkait usulan Bapak Brigjen KH Syam'un yang diusulkan jadi pahlawan nasional, saya harus ngomong apa adanya. Tahun kemarin, saat ini belum sampai ke meja saya," kata Jokowi.

Ia menambahkan, jika usulan 8 hingga 10 nama nominasi pahlawan nasional nanti sudah masuk ke mejanya, Kepala Negara akan memilih langsung tiga hingga empat nama.

Presiden RI pun berjanji akan memberikan gelar pahlawan untuk K.H Syamun jika nanti nama tersebut masuk dalam usulan delapan nama yang disampaikannya.

"Dipilih tiga sampai empat orang saja untuk diberikan gekar pahlawan. Kalau sampai di meja saya ada delapan nama dan beliau ada diantaranya, entah tahun ini atau tahun depan, saya akan lagsung berikan beliau gelar pahlawan," ujarnya.

Jokowi mengakui proses pengajuan nama tokoh menjadi pahlawan nasional membutuhkan proses yang panjang dan tidak sembarangan

"Itu urusnya panjang, mulai dari wali kota, gubernur, menteri, kemudian biasanya yang masuk ke saya itu delapan nama. Yang hapal biasanya Pak Mensesneg. Saya hanya pilih tiga sampai empat nama. Itu diberi alasan yang komplit ke saya," tandasnya. [ton]

Komentar

Embed Widget
x