Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 20 Oktober 2018 | 12:45 WIB

Pendaki Panik Terjebak Letusan Merapi

Oleh : Azwar | Jumat, 11 Mei 2018 | 16:17 WIB

Berita Terkait

Pendaki Panik Terjebak Letusan Merapi
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Sebuah video amatir menunjukkan momen mencekam saat sekelompok pendaki terjebak di wilayah Pasar Bubrah, Gunung Merapi. Mereka terdengar ketakutan karena Merapi sudah masuk fase letusan freatik.

Dalam video yang dibagikan oleh banyak pengguna media sosial seperti Twitter dan Instagram tersebut, terlihat sekelompok kecil pendaki tengah memasak di kawasan Pasar Bubrah, sebuah wilayah di dekat kawah Gunung Merapi yang dikenal akan cerita mistisnya.

Saat sedang merebus sayur di atas kompor paraffin, tiba-tiba kamera para pendaki itu teralihkan oleh suara gemuruh dari puncak kawah Merapi dan salah satu pendaki berseru, "Erupsi!".

Para pendaki itu kemudian serentak, "Ya, Allah!" dan hanya dalam hitungan detik, tampak awan berwarna coklat sudah muncul dan siap menerjang ke tempat mereka sedang berdiri.

Lalu terdengar teriakan panik dari para pendaki yang disertai dengan istighfar. Lalu ada seruan untuk segera membereskan peralatan dan menyelamatkan diri.

Tampak awan berwarna kelabu kecoklatan itu sudah membumbung tinggi. Tetapi, nasib para pendaki itu masih terbilang mujur karena letusan yang mereka hadapi merupakan letusan freatik, yang berarti letusan gas atau embusan asap dan material yang dipicu oleh tekanan gas yang berada di bawah permukaan.

Letusan freatik ini tidak disertai oleh wedhus gembel atau awan panas yang bersuhu ratusan derajat Celcius yang bisa meluluhlantakkan setiap obyek yang mereka lewati.

Video tersebut pun menjadi viral dan telah ditonton sebanyak puluhan ribu kali sejak diunggah oleh beberapa akun Instagram dan Twitter.

Menurut keterangan yang dilansir oleh akun Twitter resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) , para pendaki dalam video tersebut sudah ada yang berhasil turun dari puncak. Terdapat sekitar 120 orang pendaki yang hari ini menaiki Gunung Merapi, di mana 50 di antaranya sudah berada di daerah puncak. Juga disebutkan bahwa para pendaki yang saat letusan freatik berada di kawasan Pasar Bubrah banyak yang mengalami pingsan karena menghirup asap belerang.

Berikut videonya seperti yang Inilahcom ambil dari @Merapi_news

[rok]

Komentar

Embed Widget
x