Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 20 Agustus 2018 | 12:46 WIB

Densus 88 Tangkap 4 Terduga Teroris di Tambun

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Jumat, 11 Mei 2018 | 15:38 WIB
Densus 88 Tangkap 4 Terduga Teroris di Tambun
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Insiden kerusuhan di Mako Brimob beberapa waktu lalu berbuntut panjang. Polri menangkap empat terduga teroris di lokasi yang sama di waktu bersamaan saat kerusuhan itu terjadi. Keempatnya diduga merencanakan untuk menyerang Mako Brimob saat kerusuhan itu terjadi.

Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan keempat terduga teroris itu ditangkap sekitar pukul 01.35 WIB di Jalan Tambun, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (11/5/2018) dinihari.

"Polisi dapat info intelejen bahwa akan ada sekelompok orang akan ke Mako Brimob yang akan membantu rekan-rekan napiter yang ada di rutan selamba cabang mako brimob saat kerusuhan itu terjadi," ujar Setyo saat jumpa pers di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (11/5/2018).

Setyo menjelaskan dari info itu tim Densus 88 Antiteror bergerak dan mengamankan keempat terduga teroris. Mereka lalu dibawa ke Jakarta untuk dilakukan pemeriksaan. Keempatnya yakni bernisial RA, JG, AM dan HG.

"Keempat orang tersebut kemudian dibawa ke Jakarta sekitar pukul 05.30 WIB. Saat dalam perjalanan menuju ke Jakarta, tersangka atas inisial RA dan JG melakukan perlawanan kepada anggota yang membawa terduga teroris tersebut," kata Setyo.

"Dan memberontak serta berusaha mencekik anggota hingga borgol yang dipakaikan kepada mereka terlepas dan berusaha merebut senpii dari anggota yang mengawal," sambung dia.

Merasa mendapat perlawanan yang mengancam nyawa anggota, akhirnya anggota Densus 88 melakukan tindakan tegas dengan menembak kedua tersangka yang melakukan perlawanan.

"RA dan JG diambil tindakan tegas oleh petugas, Keduanya di bawa ke RS Bhayangkara tapi lebih kurang dua jam RA meninggal dunia dan JG dalam perawatan, jelas Setyo.

Atas penangkapan itu, Sejumlah barang bukti ditemukan diantaranya bujur sangkur, belati, amunisi atau peluru 9 mm sebanyak 25 butir, Paku tembak 25 buah, ketapel 2 buah, busur besi 3 buah. Peluru gotri sebanyak 63 buitr, golok 2 buah peluru, dan senapan angin 48 butir.

"Bahwa keempat terduga teroris tersebut merupakan jaringan Jamaah Ansharu Daulah (JAD) Jawa Barat," terang Setyo.

Saat ini, keempat pelaku sudah diamankan oleh Densus 88 untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan. [rok]

Komentar

x