Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 21 Oktober 2018 | 05:40 WIB

Kericuhan di Mako Brimob

Sel Rusak Alasan Napi Terorisme Dipindahkan

Oleh : Ray Muhammad | Kamis, 10 Mei 2018 | 23:52 WIB

Berita Terkait

Sel Rusak Alasan Napi Terorisme Dipindahkan
Menkopolhukam Wiranto - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Bogor - Menkopolhukam Wiranto mengatakan Kemenkumham sudah menyiapkan lapas khusus untuk ratusan terpidana terorisme yang dipindahkan dari Rutan Mako Brimob, Depok.

"Dari Kemenkumham sudah menyiapkan lokasi baru untuk napiter di Nusakambangan. Sudah disiapkan," ujar Wiranto di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (10/5/2018).

Ia mengungkapkan, alasan perlunya dilakukan pemindahan para napi teroris itu lantaran sel mereka di Mako Brimob saat ini rusak.

Menkopolhukam pun memastikan sel yang sudah disiapkan di Nusakambangan saat ini akan langsung ditempati para ratusan narapidana teroris malam ini juga.

"Tadi pagi rusak nggak mungkin digunakan lagi. Harus pindah dan sekarang sudah dipindahkan. Saat ini, sudah dalam perjalanan menuju Nusakambangan dan mereka akan mendiami rutan yg baru di sana," tandasnya.

Sebagaimana diberitakan, insiden kerusuhan di Mako Brimob terjadi sekitar pukul 19.30 WIB, Selasa (8/5/2018) malam.

Kerusuhan itu disebut diakibatkan masalah sepele yakni soal makanan napi teroris yang perlu diverifikasi.

Dalam insiden kerusuhan ini berujung penyanderaan hingga pembunuhan. 5 anggota Polri tewas, sementara 3 lainnya berhasil menyelamatkan diri.

Satu anggota Polri bernama Bripka Iwan Sarjana berhasil dilepaskan oleh napi teroris setelah disandera kurang lebih 24 jam. Satu napi teroris tewas karena melawan saat kerusuhan terjadi.

Hingga saat ini belum diketahui narapidana yang menjadi biang onar sehingga memicu terjadinya kerusuhan dan menyerang aparat di kawasan tahanan.

Komentar

Embed Widget
x