Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 Agustus 2018 | 14:19 WIB

Soal Evaluasi Mako Brimob, Ini Kata Wakapolri

Oleh : Ray Muhammad | Kamis, 10 Mei 2018 | 15:55 WIB
Soal Evaluasi Mako Brimob, Ini Kata Wakapolri
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Wakapolri Komjen Syafruddin menyikapi harapan berbagai pihak soal perlunya evaluasi pengamanan terhadap narapidana terorisme di Rutan Mako Brimob, Depok, Jawa Barat.

Syafruddin memaparkan bahwa rutan tersebut merupakan kawasan tahanan yang berada di lingkungan Komplek Brimob merupakan lapas negara cabang Salemba.

Dengan demikian, ia mengatakan bahwa Rutan Mako Brimob berada dibawah pengawasan dan tanggung jawab Kemenkumham. Dengan demikian, kewenangan evaluasi bukan menjadi tanggung jawab Polri.

"Jadi yang bertanggungjawab adalah Kemenkumham dalam hal ini Ditjenpas (Direktorat Jenderal Pemasyarakatan). Jadi, bukan rutan anggota Polri," kata Syafruddin di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (10/5/2018).

Ia menambahkan, kebetulan pada tahun 2006 kawasan tahanan di Mako Brimob menjadi rutan umum. Sehingga penyelesaian terkait evaluasi ini dapat dilakukan secara komprehensif antara Kemenkumham Ditjenpas dan Polri.

"Mau tidak mau ada di dalam Komplek Brimob. Pengamananya dari pihak Brimob sebagai bantuan kepada Kemenkumham. Ini sudah dikoordinasikan seksama mulai dari beberapa bulan lalu. Ini memang kondisinya sudah sangat overload seperti rutan-rutan yang lain," tandasnya.

Komentar

x