Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 21 Oktober 2018 | 20:48 WIB

Kerusuhan Mako Brimob Bukti Teroris Masih Kuat

Oleh : Agus Iriawan | Rabu, 9 Mei 2018 | 18:06 WIB

Berita Terkait

Kerusuhan Mako Brimob Bukti Teroris Masih Kuat
(Foto: Inilahcom/Agus Priatna)

INILAHCOM, Jakarta - Pengamat terorisme Al Chaidar menilai kerusuhan Rumah Tahanan (Rutan) Mako Brimob Kelapa Dua pada Rabu (9/5/2018) dini hari membuktikan kelompok teroris masih kuat. Apalagi kejadian kerusuhan tersebut sudah dua kali terjadi di Mako Brimon pada November 2017.

"Saya kira kelompok teroris itu masih memiliki kekuatan," kata Al Chaidar saat dihubungi INILAHCOM, Rabu (9/5/2018).

Dia mengungkap kerusuhan tersebut terjadi karena manajemen penjara yang masih buruk. "Pemaksaan terhadap kapasitas penjara meski sudah tidak mencukupi kapasitas," ujarnya.

Menurut dia, kekuatan para tahanan semakin bertambah dengan penuhnya penjara. Pemerintah harus responsif untuk menanggapi masalah tersebut.

"Sudah penuh terus masih dipaksakan, bukan dibuat penjara yang baru, itu kan membuktikan penjara di Mako Brimob sudah penuh," jelasnya.

Sebelumnya, kerusuhan di Mako Brimob mengakibatkan 5 polisi tewas dan seorang polisi masih disandera. Satu orang tahanan ditembak mati karena melawan polisi.

"Ini jelas kalau narapidana teroris telah melakukan pembangkangan terbukti dengan adanya petugas kami yang disandera dan diambil senjatanya, dan meninggal dunia," kata Kabiro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Muhammad Iqbal di Mako Brimob, Rabu (9/5/2018).

Iqbal menjelaskan proses negoisasi terus dilakukan, di sisi lain agar polisi tidak mau jumlah korban bertambah. [rok]

Komentar

Embed Widget
x