Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 19 Agustus 2018 | 03:52 WIB

Pengacara Pastikan Andi Bukan Pelaku Utama

Oleh : Agus Irawan | Rabu, 9 Mei 2018 | 16:09 WIB
Pengacara Pastikan Andi Bukan Pelaku Utama
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Terdakwa kasus korupsi e-KTP Andi Agustinus (Andi Narogong) mengajukan permohonan kasasi ke Mahkamah Agung. Pasalnya Andi bukan sebagai pelaku utama dalam kasus korupsi e-KTP.

"Kami keberatan karena pertimbangan hukum PT DKI sudah menempatkan posisi kliennya sebagai pelaku utama tanpa ada pertimbangan yang cukup kuat, bahkan di sisi lain PT DKI sudah menyatakan kliennya merupakan justice collabolator seakan PT DKI telah mengambil keputusan tingkat pertama, Putusan Pengadilan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat No .100/ Pid.Sus/TPK/2017/PN .Jkt.Pst," kata kuasa hukum Andi Narogong, Samsul Huda saat ditemui wartawan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Jalan Bungur Raya, Jakarta Pusat, Rabu (9/5/2018).

Menurut dia, hal tersebut jelas adalah pertimbangan hukum yang saling bertentangan secara diametral. Karena berdasarkan SEMA No 4/2011 seorang justice collaborator sudah pasti bukan sebagai pelaku utama.

Ia menegaskan jika kliennya bukan pejabat yang mempunyai kewenangan menyusun anggaran. Selain itu, Andi tidak pernah berharap menang dalam lelang proyek tersebut.

"Klien kamu buka pelaku utama, karena dia bukan sebagai pejabat yang mempunyai kewenangan menyusun anggaran, karena semuanya adalah kewenangan dalam proyek e- KTP merupakan konsorsium PNRI," tegasnya.

Ia menyesalkan hukuman kliennya diperberat, padahal Andi sudah ditetapkan sebagai JC oleh KPK, Pengadilan Tingkat I. "Maka sama saja klien kami sebagai JC dianggap sebelah mata," keluhnya.[jat]

Komentar

x