Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 24 Mei 2018 | 01:40 WIB
 

Pilpres 2019 Diprediksi 'Head to Head' 2 Capres

Oleh : Happy Karundeng | Selasa, 8 Mei 2018 | 23:02 WIB
Pilpres 2019 Diprediksi 'Head to Head' 2 Capres
(Foto: Ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengaku khawatir masyarakat akan bingung dengan mekanisme Pemilu, karena, 25 ribu nama calon masing-masing partai akan bertarung dalam surat suara dan satu orang harus memilih dari lima kertas suara.

Namun Bamsoet mengaku tidak khawatir dengan mekanisme Pilpres 2019. Pasalnya ia menduga, Pilpres hanya akan diikuti dua pasang calon.

"Kalau pilpres kita tidak kuatir karena mungkin hanya dua calon dua pasang head to head. Saya mengkhawatirkan pemilihan legislatif," katanya dalam Rembuk Nasional "Mewujudkan Pemilu 2019 yang Aman dan Bermartabat" yang diselenggarakan Ikatan Sarjana dan Profesi Perpolisian (ISPPI) di Jakarta, Selasa (8/5/2018).

Untuk itu Bamsoet berharap aturan ambang batas calon anggota parlemen dapat dinaikan yang kini sebesar empat persen menjadi 10 persen. Sehingga, jumlah partai dan calon anggota yang mengikuti pemilu legislatif semakin sedikit.

"Sehingga nanti partai-partai di Indonesia ini hanya lima atau tiga kembali seperti dulu lagi. Itu jauh lebih mudah kita menerapkan demokrasi di Indonesia karena pilihan tidak banyak. Pasti menekan kerusuhan menekan konflik horizontal," harapnya.

Ia juga menilai pemilihan kepala daerah di Indonesia, harus tetap dibarengi dengan kedewasaan masyarakat dalam mendukung setiap calon pasangan dalam berkampanye dengan hal positif. Sehingga tak menganggu atau saling mencela kubu lainnya.

"Dalam kedewasaan berpolitik kita harus bijaksana tidak menjelek-jelekkan lawan kita. Mari kita berlomba -lomba mempromosikan jagoan-jagoan kita itu jauh lebih elegan dari niat yang lain agar dipilih oleh rakyat," tandasnya.[jat]

Komentar

 
Embed Widget

x