Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 23 Mei 2018 | 06:38 WIB
 

Gatot Nurmantyo, Capres Kuda Hitam Pemilu 2019

Oleh : R Ferdian Andi R | Selasa, 8 Mei 2018 | 20:15 WIB
Gatot Nurmantyo, Capres Kuda Hitam Pemilu 2019
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Nama mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo diam-diam terpantau sebagai kandidat presiden alternatif selain sejumlah figur lainnya seperti Jokowi dan Prabowo Subianto. Bagaimana peluang Gatot dalam Pilpres 2019 mendatang?

Gatot Nurmantyo menjadi salah satu figur baru yang mencuri perhatian pemilih di tanah air. Setidaknya hal tersebut terungkap dalam temuan survei yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA.

Dalam survei tersebut terungkap perolehan suara partai politik yang mencalonkan Gatot Nurmantyo akan terkerek naik. Dalam riset tersebut terdapat simulasi dua partai yang mencalonkan Gatot Nurmantyo yakni Partai Gerindra naik menadi 19,80%, Partai Demokrat naik menjadi 16,50% dan PKB naik menjadi 15,80%.

"Jadi partai yang terasosiasi dengan Gatot sebagai capres ini makin tinggi suaranya," kata peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (8/5/2018).

Nama Gatot Nurmantyo dalam sejumlah survei lebih dinominasikan sebagai cawapres yang potensial. Namun, jika membaca temuan data dari LSI Denny JA tersebut, peluang Gatot untuk tampil sebagai kandidat baru dapat menjadi alternatif pilihan calon presiden (capres) di Pemilu 2019 mendatang.

Latar belakang sebagai mantan Panglima TNI menjadi modal penting bagi figur Gatot untuk berlaga dalam Pilpres mendatang. Sejumlah sikap politiknya saat masih menjabat sebagai Panglima TNI pernah menyita perhatian publik. Kedekatan dengan kalangan kelompok santri juga menjadi ciri khas Panglima TNI yang diberhentikan sebelum usai masa jabatan berakhir ini.

Setelah pensiun dari tentara, Gatot belakangan getol melakukan sosialisasi ke sejumlah wilayah di Indonesia. Ceramah kebangsaan di sejumlah perguruan tinggi juga kerap ia lakukan. Selain itu, Gatot juga kerap melakukan pertemuan dengan elit partai. Seperti pada Selasa (8/5/2018), Gatot bertemu dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. "Saya terima capres ini," seloroh Zulkifli di gedung DPR/MPR, Selasa (8/5/2018).

Peluang Gatot untuk maju dalam Pilpres 2019 mendatang memang masih belum ada kepastian. Setidaknya, sampai saat ini Gatot belum terafiliasi di partai politik tertentu. Kendati berpotensi menjadi kuda hitam dalam Pilpres 2019 mendatang, persoalan utama Gatot terletak pada kendaraan politik yang sampai saat ini belum terang.

Komentar

 
Embed Widget

x