Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 19 Agustus 2018 | 03:53 WIB

Anak Buah Pungli, Wakapolri: Kapoldanya Kita Copot

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Selasa, 8 Mei 2018 | 18:12 WIB
Anak Buah Pungli, Wakapolri: Kapoldanya Kita Copot
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Wakapolri Komjen Pol Syafruddin meminta kepada masyarakat atau pengemudi truk untuk melaporkan kepadanya apabila ada oknum aparat kepolisian yang melakukan pungutan liar (pungli).

"Langsung ke saya saja Wakapolri, nanti saya akan bilang. Langsung ke saya, saya kasih telepon," kata Syafruddin di Kompleks Istana Negara, Selasa (8/5/2018).

Namun, Syafruddin mengingatkan laporan adanya oknum aparat yang melakukan pungli itu harus benar tidak hoax alias mengada-ada. Sebab, polisi akan tetap mengusut pelapornya jika tidak benar.

"Tapi harus benar. Kalau enggak kita proses juga dia. Kalau mau nyari-nyari," ujarnya.

Menurut dia, teknis pelaporan itu silahkan saja dengan mengirimkan video sehingga nanti dilakukan proses secara internal maupun hukum. Sementara, untuk sanksi tentu ditindak tegas bila terbukti.

"Silahkan videokan para polisi yang ada di jalan, ini perintah saya. Saya langsung pecat. Begitu ada videonya benar, kita pecat hari itu. Telanjangin dia. Keras sekali kita. Karena kenapa? Sudah cukup negara memberikan kepada mereka. Tidak kurang lagi sekarang. Biaya operasionalnya besar sekali sekarang," jelas dia.

Ia mengancam bakal mencopot Kapolda dan Kapolres bila memang terbukti anak buahnya melakukan aksi pungli. Karena tegas institusi Polri tidak main-main dengan pungli.

"Kapoldanya kita copot. Saya enggak main-main kalau saya. Saya kan pernah ngomong, Kapolda akan kita periksa dan copot. Copot benaran. Kapolda Sulteng kita copot gara-gara pembersihan apa itu, kasus di Banggai," tandasnya. [ton]

Tags

Komentar

x