Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 18 November 2018 | 01:32 WIB

Pungli Sopir Truk. Wakapolri: Kita Akan Pecat

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Selasa, 8 Mei 2018 | 17:41 WIB

Berita Terkait

Pungli Sopir Truk. Wakapolri: Kita Akan Pecat
Wakapolri Komjen Pol Syafruddin - (Foto: Inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)

INILAHCOM, Jakarta - Wakapolri Komjen Pol Syafruddin tidak mau disebut ada anggotanya yang masih melakukan pungutan liar (pungli) terhadap supir truk yang mengirim atau distribusikan bahan pangan atau kebutuhan pokok.

"Aparat mana? Jembatan timbang? Enggak ada lagi korek-korek gitu. Dulu kan polisi, korek-korek. Enggak ada lagi korek-korek. Kalau itu ketangkep sama Propam, kita pecat," kata Syafruddin di Kompleks Istana Negara, Selasa (8/5/2018).

Menurut dia, para supir yang datang ke Istana Negara itu untuk curhat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) tapi jangan langsung ditujukan ke polisi. Padahal, polisi zaman sekarang sudah berbeda dengan 20 tahun lalu.

"Kalian pikirannya langsung polisi. Itu remunerasinya polisi sudah cukup banyak, cukup besar. Mereka juga jijiklah mau pungli-pungli yang Rp5.000, Rp10.000 sekarang. Remunerasi besar sekarang, polisi itu lebih dari gajinya," ujarnya.

Jadi, kata Syafruddin, sangat tidak masuk akal apabila masih ada aparat kepolisian yang melakukan pungutan liar terhadap supir truk yang mengantar kebutuhan pokok masyarakat ke berbagai daerah.

"Tidak masuk akal, kalau toh ada satu, dua oknum yang gila, kita akan pecat. Yang dikeluhkan itu premanisme di jalan itu. Bukan aparat formil," jelas dia. [ton]

Komentar

Embed Widget
x