Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 15 Agustus 2018 | 18:45 WIB

Wiranto: Peradilan HTI Bukan Ajang Lawan Islam

Oleh : Fadli Zikri | Selasa, 8 Mei 2018 | 16:31 WIB
Wiranto: Peradilan HTI Bukan Ajang Lawan Islam
(Foto: Inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan HAM, Wiranto mengatakan pemerintah tidak sedang melawan umat Islam di Indonesia.

Hal itu disampaikan oleh Deputi III Kemenkopolhukam Jhoni Ginting membacakan pernyataan resmi pemerintah dalam diskusi Forum Merdeka Barat 9 (FMB9).

"Menkopulhukam juga mengingatkan kepada seluruh lapisan masyarakat bahwa Peradilan TUN maupun Mahkamah Konstitusi bukanlah ajang pertarungan antara Pemerintah melawan Islam, akan tetapi ajang untuk mencari kebenaran hukum dalam menjaga keutuhan NKRI," kata Jhoni dalam diskusi FMB9, Selasa (8/5/2018),

Menurutnya, keputusan Pengadilan TUN bukan tindakan sewenang-wenang Pemerintah terhadap segolongan masyarakat, tetapi merupakan hasil tinjauan dan pertimbangan hukum yang harus dihormati oleh seluruh masyarakat.

"Menko Polhukam berharap agar masyarakat tidak lagi mempermasalahkan dan mempolemikkan keputusan tersebut. Ia juga meminta agar keputusan tersebut jangan dimainkan untuk kepentingan politik di tahun-tahun pemilihan ini," ujarnya.

Seperti diketahui, PTUN dalam putusannya menolak gugatan HTI terhadap Kementrian Hukum dan HAM tentang pencabutan status hukumnya. Dicabutnya status hukum HTI setelah pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Perppu Ormas). [rok]

Tags

Komentar

x