Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 16 Oktober 2018 | 03:33 WIB

Gatot Harap Demokrasi di Indonesia Semakin Dewasa

Oleh : Happy Karundeng | Selasa, 8 Mei 2018 | 15:57 WIB

Berita Terkait

Gatot Harap Demokrasi di Indonesia Semakin Dewasa
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Mantan Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo mengingatkan pentingnya budaya musyawarah-mufakat Indonesia jelang pesta demokrasi, Pilpres 2019.

"Berkaitan dengan pilpres yang sudah mulai rame saya hanya sampaikan bahwa budaya kita adalah musyawarah untuk mufakat. Ini adalah budaya yang sangat luhur dan pilpres sebenarnya kan pesta demokrasi, cuma konotasi pesta diubah dan saya punya keyakinan beberapa pemilu lalu semua berjalan aman," katanya usai menemui Ketua MPR Zulkifli Hasan di Gedung DPR Jakarta, Selasa (8/5/2018).

Ia menjelaskan, Pilpres adalah ajang warga untuk berdemokrasi memilih pemimpin. Untuk itu ia berharap rakyat dan seluruh elemen di Indonesia menerapkan paham demokrasi yang dewasa.

"Kita akan cari pemimpin maka kita harus berdemokrasi yang dewasa kemudian saling menjaga persatuan, adu konsep, sehingga semua dalam kondisi damai. Karena semua yang dilakukan pun untuk bangsa ini," ulasnya.

Gatot yakin jika semua masyarakat memiliki niat yang sama untuk mencari pemimpin yang baik, maka harapan itu bisa terwujud. Namun dia meminta semua masyarakat tetap bersatu.

"Jadi kalau semua menyatukan hati untuk Indonesia saya kira kita menjalankan konsep yang baik, jangan senggol-senggolan karena susah kalau bangsa ini sudah terpecah. Tapi kalau bangsa ini benar-bener damai kita bisa menjadi besar. Survei menunjukkan bangsa indonesia teroptimis nomor dua di dunia," jelasnya.

Sebelumnya, Ketua MPR Zulkifly Hasan mengundang mantan Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo ke ruang kerjanya, Selasa (8/5/2018). Ia mengatakan sengaja mengundang nama tokoh-tokoh nasional yang muncul jelang Pilpres 2019.

"Memgang saya mengundang tokoh-tokoh nasional terutama yang muncul capres 2019 mendatang. Dari kemarin sudah, tentu juga ada hari esok," katanya di Gedung DPR.[jat]

Komentar

Embed Widget
x