Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 19 November 2018 | 23:51 WIB

Jokowi Perintahkan Tindak Tegas Pungli Supir Truk

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Selasa, 8 Mei 2018 | 14:42 WIB

Berita Terkait

Jokowi Perintahkan Tindak Tegas Pungli Supir Truk
(Foto: Inilahcom)

NILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan kepada Wakapolri Komjen Pol Syafruddin dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk menindaklanjuti dugaan aksi pungutan liar (pungli) yang masih marak.

Hal ini disampaikan Presiden Jokowi ketika mendengarkan keluhan secara langsung dari para supir truk ketika diundang ke Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (8/5/2018).

"Nanti dicatat Pak Menteri Perhubungan, saya baru dikasih tahu oh ini sudah didengar Pak Wakapolri, akan dioperasi langsung," kata Jokowi.

Jokowi mengaku sudah menangkap semua keluhan supir truk yang mengeluhkan pungli oleh oknum preman maupun diduga oknum aparat polisi atau Dinas Perhubungan, sehingga para supir truk merasa aman dalam mengirimkan bahan pangan atau kebutuhan pokok.

"Saya sudah nangkap semua, berkaitan pungutan saya tindaklanjuti sehingga saudara aman di jalan, saya juga kaget banyak sekali cap itu," ujarnya.

Menurut dia, dengan masih adanya aksi pungli tentu meresahkan dan menyebabkan ketidaknyamanan. Selain itu, dapat menyebabkan biaya yang tingfi dalam transportasi di Indonesia.

Ada cost-cost tambahan yang seharusnya tidak ada, itu dirasakan oleh para pengemudi truk dan itu sangat mengganggu. Saya perintahkan langsung ke Pak Kapolri dan Wakapolri untuk segera ditindaklanjuti, disikat semuanya," jelas dia.

Sementara, Jokowi juga memerintahkan Kementerian Perhubungan untuk mensosialisasikan soal aturan tonase kendaraan yang dikeluhkan oleh supir truk.

"Saya kira ada aturan-aturannya. Mungkin perlu sosialisasi agar para pengemudi mengerti, mana yang boleh, mana yang tidak boleh," tandasnya. [ton]

Komentar

Embed Widget
x