Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 20 Agustus 2018 | 10:51 WIB

Ramai Gerakan Pilpres, Ini Sikap Muhammadiyah

Oleh : Ivan Setyadhi | Minggu, 6 Mei 2018 | 23:31 WIB
Ramai Gerakan Pilpres, Ini Sikap Muhammadiyah
Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir

INILAHCOM, Yogyakarta Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir memastikan Muhammadiyah tidak ikut-ikutan dalam gelaran politik praktis nasional.

Hal itu disampaikan menanggapi maraknya deklarasi dan saling sindir bernuansa politis yang ramai belakangan ini.

"Muhammadiyah tidak ada dalam gerakan politik apapun yang bersifat politik praktis baik saat ini maupun 2019," kata Haedar Nashir pada pelepasan siswi kelas VI Madrasah Mualimaat Yogyakarta di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Minggu (6/5/2018).

Muhammadiyah, juga tak akan memaksakan dukungan serta pilihan politik kepada pihak lain."Silakan warga bangsa mau memilih calon presiden siapapun dari manapun itu hak warga bangsa dan warga negara. Karena itu, gerakan-gerakan politik itu harus dalam koridor demokrasi yang sesuai konstitusi dan mengikuti sistem yang berlaku," ungkapnya.

Dan siapa yang menang, Haedar yang menentukan adalah warga yang telah diberi kebebasan sepenuhnya oleh konstitusi untuk memilih.

"Gerakan-gerakan politik itu tentu wajar dalam setiap demokrasi tetapi semuanya ada proporsinya. Partai politik itu tentu yang paling berhak untuk menjadi kekuatan yang bertanding, berkontestasi," tandasnya.[van].

Komentar

x