Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 23 September 2018 | 22:13 WIB

Kemenkeu Dukung KPK Bongkar Jaringan YP

Oleh : Ivan Setyadhi | Minggu, 6 Mei 2018 | 19:01 WIB

Berita Terkait

Kemenkeu Dukung KPK Bongkar Jaringan YP
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Keuangan mendukung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengusut tuntas keterlibatan seorang oknum pegawai Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan.

Kepala Seksi di Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan, Yaya Purnomo (YP), ikut diciduk KPK dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang melibatkan kader Demokrat Amin Santono.

"Kemenkeu mendukung penuh upaya yang dilakukan KPK dalam mengungkap lebih jauh kasus yang melibatkan oknum YP," kata Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Nufransa Wira Sakti dalam pernyataan yang diterima di Jakarta, Minggu (6/5/2018).

Untuk memperlancar proses hukum yang sedang berlangsung, Nufransa menambahkan, Kemenkeu segera membebastugaskan YP.

Meskipun secara tugas dan fungsi, YP sama sekali tidak memiliki kewenangan mengalokasikan anggaran transfer kepada daerah atau menilai usulan anggaran dari daerah, namun modus yang dilakukan menunjukkan adanya ikhtiar untuk melakukan makelar pengurusan APBN.

Sebelumnya, KPK melakukan OTT pada Jumat (4/5/2018) malam yang dilakukan bekerja sama dengan Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan terhadap sembilan orang terkait pemberian gratifikasi kepada penyelenggara negara.

Kuat dugaan OTT tersebut dilakukan karena berkaitan dengan janji pemberian proyek perumahan dan pemukiman pada APBNP 2018. Padahal saat ini Kemenkeu belum merencanakan untuk menyusun APBNP 2018.[Tar].

Komentar

x