Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 20 Oktober 2018 | 12:42 WIB

Kunjungi Baubau, AHY Ikut Panen Rumput Laut

Oleh : Ajat M Fajar | Jumat, 4 Mei 2018 | 18:03 WIB

Berita Terkait

Kunjungi Baubau, AHY Ikut Panen Rumput Laut
(Foto: inilahcom/Dok)

INILAHCOM, Baubau - Sebelum melanjutkan kegiatannya ke Kendari, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meninjau kegiatan Bakti Sosial (Baksos) Bakti Kesehatan yang sedang berlangsung di Rumah Susun (Rusun) Wameo, Baubau, Sulawesi Tenggara, Jumat (4/5) siang.

Setibanya di Rusun Wameo, para penghuni rusun langsung menyambut kedatangan AHY.

"Terima kasih ya Bu.. Apa kabar?," sapa AHY kepada warga sambil menyalami mereka.
Baksos Bakti Kesehatan ini diselenggarkan anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat Dapil Sulawesi Tenggara Umar Arsal yang menawarkan layanan pengobatan umum gratis dan sunatan massal.

Rusun yang terletak di sebelah pasar Wameo ini seketika ramai oleh pengunjung pasar yang mengetahui kedatangan AHY.

Ditemani Umar, AHY memasuki ruangan tempat sunatan massal dilaksanakan. Suara tangisan anak-anak pun terdengar dari ruangan ini. Sunatan massal ini diikuti oleh anak laki-laki dari usia 2-17 tahun.

Sebelum meninggalkan acara baksos, AHY secara simbolis memberikan bingkisan berisi sarung, susu, biskuit, dan snack kepada lima anak yang baru saja selesai mengikuti sunatan massal. Para peserta baksos dan penghuni rusun berlantai lima ini pun melambaikan sambil terus menyalami dan berfoto bersama seiring AHY meninggalkan rusun.

Sebelumnya di Palubasa, AHY juga berkesempatan panen rumput laut bersama petani rumput laut di Kecamatan Lea-lea, Kelurahan Palabusa, Baubau, Sulawesi Tenggara.

"Alhamdulillah hari ini kita panen rumput laut. Mudah-mudahan ke depan semakin baik, semakin bagus panennya, kemudian juga bisa dijual dengan harga yang baik untuk meningkatkan kesejahteraan para petani kita, terutamanya di Palabusa ini," ujar AHY sambil memberikan hasil panen rumput laut kepada Bahar.

Usai memanen, AHY kembali ke daratan dan bertemu dengan para petani rumput laut yang lain. Dengan seksama AHY menyaksikan para petani mengikat bibit rumput laut ke tali hingga menjemur rumput laut yang sudah dipanen.

Kepada rakyat Palabusa, AHY menceritakan pengalamannya barunya saat memanen rumput laut tadi. Dia mengaku senang bisa berkunjung langsung ke Palabusa.

"Saya juga ingin secara langsung menyaksikan dan merasakan apa yang dikerjakan oleh masyarakat, kelompok petani pembudidaya rumput laut. Tadi sampai ke tengah-tengah dan alhamdulillah sekarang berinteraksi secara langsung. Ini juga pengalaman baru buat saya untuk secara langsung melihat dari dekat proses pembudidayaan rumput laut. Ini juga menjadi komoditas utama dari masyarakat yang ada di Palabusa ini. Saya juga mendoakan Bapak Ibu sekalian semakin baik kehidupannya. Kita berjuang bersama-sama," ungkapnya.

Setelah menyapa warga, AHY secara simbolis memberikan bantuan untuk warga Palabusa berupa seperangkat perlengkapan budidaya rumput laut seperti gabus, tali, perlengkapan agar-agar, dan lainnya. Sebelum meninggalkan Palabusa, AHY mencicipi suguhan berbagai makanan hasil olahan rumput laut mulai dari minuman rumput laut hingga agar-agar.

Deputi Media dan Humas Kogasma, Putu Supadma Rudana bersyukur bahwa masyarakat Sulawesi tenggara menyambut gembira dan menerima dengan hangat kedatangan AHY selama 2 hari ini.

"Kami bersyukur semua berjalan dengan lancar di BauBau. Dengan kedatangan ini masayarakat melihat bahwa AHY ingin langsung berdialog dengan warga untuk mengetahui apa yang menjadi kendala selama ini di Sulawesi Tenggara. Karena memang kami ingin lebih mendekatkan diri kepada masyarakat secara langsung untuk menyapa, serap asiprasi, peduli dan memberikan solusi yang terbaik buat masyarakat," ucap Putu Rudana yang juga Wasekjen Partai Demokrat.

Dari Baubau, AHY dijadwalkan terbang ke Kendari untuk menghadiri undangan memberikan kuliah umum di Institut Agama Islam Negeri Kendari,Sulawesi Tenggara.[jat]

Komentar

Embed Widget
x