Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 19 Agustus 2018 | 03:53 WIB

#GelangKode Jadi Trending. Ini Maksudnya

Oleh : Tatzuar Amir | Kamis, 3 Mei 2018 | 23:20 WIB
#GelangKode Jadi Trending. Ini Maksudnya
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Tagar #GelangKode menjadi trending topic di Twitter. Ternyata tagar ini terkait dengan intimidasi yang menimpa pendukung Jokowi lewat tagar #DiaSibukKerja oleh massa yang diduga sebagai pendukung gerakan #2019GantiPresiden.

Frase "gelang kode" itu bermula dari hasil analisis aktivis gerakan #2019GantiPresiden, Mustofa Nahrawardaya, saat hadir di acara Dua Sisi di TV One pada Kamis (03/03/2018).

Di acara tersebut, Mustofa yang juga merupakan aktivis Muhammadiyah itu menemukan kejanggalan saat mempelajari video rekaman intimidasi yang diduga dilakukan pendukung gerakan #2019GantiPresiden kepada pendukung gerakan #DiaSibukKerja di kegiatan Car Free Day (CFD), di Jakarta, Minggu (28/04/2018) itu.

Seperti yang banyak diberitakan, tindakan intimidasi tersebut menyeruak dan menjadi pembicaraan nasional kala seorang perempuan bernama Susi Ferawati merupakan salah satu pendukung #DiaSibukKerja menerima intimidasi dari sekelompok pria yang diduga menjadi pendukung #2019GantiPresiden.

Sebagai aktivis dan salah pencetus gerakan #2019GantiPresiden, Mustofa kemudian mendapat banyak kecaman atas tindakan intimidasi tersebut. Dia pun kemudian memutuskan untuk mempelajari rekaman yang beredar luas.

Dari situlah Mustofa menemukan beberapa kejanggalan. Salah satu kejanggalan yang ditemuinya adalah bahwa pihak yang diintimidasi maupun yang melakukan intimidasi mengenakan gelang berwarna dan berbentuk sama.

"Di sini ada foto, beberapa orang misterius sekali. Ini dari video yang beredar antara yang memberi uang ini sangat provokatif, mengibas-ibas pakai baju putih yang diberi uang, tapi keduanya pakai gelang yang sama, warna cokelat," tutur Mustafa.

Hal lain yang membuat Mustofa merasa janggal adalah bahwa korban Susi Ferawati yang melaporkan intimidasi yang diterimanya ke polisi pun mengenakan gelang yang sama.

"Dan yang bikin saya kaget, Mbak Susi memakai gelang yang sama, gelangnya sama persis. Jangan-jangan operasi intelijen luar biasa, ini temuan saya di video," jelasnya.

Karena itulah Mustofa mengutarakan satu teori bahwa tindakan intimidasi itu merupakan skenario dari pihak yang memiliki kemampuan intelijen. Dia mencurigai bahwa pihak korban intimidasi maupun pelaku adalah pihak yang sama.

"Dalam intelijen, bisa jadi antara pelaku dan korban adalah pihak yang sama. Provokator, pelaku, dan korban adalah pihak yang sama. Saya tidak menuduh ya, ini penemuan saya di video," tuturnya.

Dari situlah kemudian tagar #GelangKode menjadi ramai dibicarakan di Twitter dengan lebih dari 16ribu percakapan. Berbagai komentar pun dicuitkan.

"Setelah #GelangKode dibongkar Mas @NetizenTofa, ke depan operasi intelijen mereka akan menggunakan alat lain. Mungkin gelang cacing berprotein, atau gantungan kunci kecebong hingga kalajengking. Lebih sulit lagi jika mereka menggunakan sekop yg dilempar
sebagai sandi operasinya.," cuit @AzzamIzulHaq

"Ada apa dengan gelang?? mereka yang melakukan setting drama intimidasi menggunakan gelang yg sama. penyusup licik. #2019GantiPresiden," cuit @Al_Fatih1453_

"Geger KODE GELANG! Susi Ferawati Memakai Gelang Yang Sama Dengan Orang-orang Yang Mengintimidasi dan Mengipas-ngipas Uang..Nah kan berarti mereka memang sengaja meninggalkan kelompok..sudah direncanakan #GelangKode," cuit @Gemacan70

Tetapi ada juga yang mengunggah foto Mustofa sedang mengenakan gelang yang sama.

"Bahaya... Penghianat ternyata... #GelangKode," cuit @timemachine.[jat]

Komentar

x