Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 15 Agustus 2018 | 18:44 WIB

Mendagri Harap Polri-KPU Ciptakan Pilkada Sukses

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Kamis, 3 Mei 2018 | 18:26 WIB
Mendagri Harap Polri-KPU Ciptakan Pilkada Sukses
(Foto: Inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan kerjasama antara aparat kepolisian dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menciptakan Pilkada 2018 yang sukses.Tujuannya yakni menggairahkan partisipasi masyarakat dalam pemilihan umum.

"Saya kira kami diundang untuk menjelaskan sinergitas antara pemerintah adalah di dalamnya di bawah komando Pak Presiden dan Pak Wapres, ada Kemendagri, ada Kepolisian yang di bawahnya ada Kepala BIN, yang harus bangun sinergi dengan KPU dan Bawaslu," ujar Tjahjo usai menghadiri Apel Kasatwil 2018 di PTIK, Jakarta Selatan, Kamis (3/5/2018).

Tjahjo lalu menjelaskan peran KPU dan Bawaslu sebagai tim yang menyiapkan logistik Pilkada. Sementara peran kepolisian yakni mengamankan jalannu Pilkada agar aman, jujur, dan damai.

"Penyelenggara pilkada itu adalah KPU dan Bawaslu, lalu pemerintah ini yang memetakan bersama-sama KPU dan Bawaslu di area rawan kemudian mendeteksi secara dini, termasuk backup sarana-prasarana logistik dan sebagainya," jelas Tjahjo.

Tjahjo lalu menjelaskan sukses Pilkada 2018. Menurutnya, ada 3 aspek penting yang perlu dipatuhi para peserta Pilkada dan masyarakat, mulai dari partsipasi masyarakat hingga kampanye melawan politik uang.

"Sukses pilkada itu ada tiga, pertama, tingkat partisipasi politik masyarakat meningkat; kedua, kita lawan yang namanya politik uang; ketiga, mari kita lawan kampanye yang berujar kebencian, SARA, dan fitnah, dan kita dorong kampanye yang adu program, adu konsep dan gagasan," tutur Tjahjo. [ton]

Komentar

Embed Widget

x