Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 28 Mei 2018 | 12:24 WIB
 

Golkar Persilakan Fadli Zon Bentuk Pansus TKA

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Sabtu, 28 April 2018 | 19:31 WIB
Golkar Persilakan Fadli Zon Bentuk Pansus TKA
Wakil Ketua Komisi lX DPR Fraksi Golkar, Ichsan Firdaus - (Foto: Riset)

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Ketua Komisi lX DPR Fraksi Golkar, Ichsan Firdaus menilai pembentukan pansus hak angket tenaga kerja asing (TKA) belum terlalu dibutuhkan. Meski begitu, dia tak masalah jika ada pihak yang ingin membuat pansus TKA.

"Kami dari Fraksi Golkar, kami melihat belum ada urgensi terlalu jauh untuk akan terjadi pembentukan pansus ini," kata Ichsan di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (28/4/2018).

Ichsan pun mempersilakan Wakil Ketua DPR Fadli Zon menggalang dukungan pembentukan pansus TKA. Namun, dia mengingatkan penbentukan pansus harus memenuhi syarat minimal sesuai aturan yang telah ditentukan.

"Begini, pansus itu syarat usulan pembentukan pansus terdiri dari 2 fraksi dan atau terdiri dari 25 orang. Jadi, kalau kemudian Pak Fadli Zon membentuk ya silakan saja. Tapi nanti-nanti rapat badan musyawarah, rapat paripurna akan diputuskan secara keseluruhan, apakah kemudian nanti pansus ini akan ditetapkan atau tidak," jelas Ichsan.

Sebelumnya, Fadli Zon menggalang dukungan pembentukan pansus angket TKA. Selain Fadli, Anggota Fraksi Gerindra M Syafii meneken usul pansus angket TKA itu.

Usul pansus angket TKA itu dipicu penerbitan Peraturan Presiden Nomor 20/2018 tentang Tenaga Kerja Asing yang dianggap merugikan negara di berbagai aspek. Menurutnya, pembuatan pansus itu untuk mencari tahu kinerja pemerintah melindungi tenaga kerja dalam negeri.

"Jadi kita perlu membuat pansus untuk mendalami dan menganalisis dan mencari tahu bagaimana cara kerja pemerintah ini dalam melindungi tenaga kerja kita sendiri," jelas Fadli.[ris]

Komentar

 
Embed Widget

x