Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 26 Mei 2018 | 23:00 WIB
 

KPU Wacanakan Syarat LHKPN untuk Caleg Terpilih

Oleh : Ray Muhammad | Jumat, 27 April 2018 | 21:11 WIB
KPU Wacanakan Syarat LHKPN untuk Caleg Terpilih
Komisioner KPU Wahyu Setiawan - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) tengah mewacanakan aturan untuk calon legislatif terpilih di Pileg 2019 untuk menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Komisioner KPU Wahyu Setiawan menegaskan aturan ini digagas untuk mendorong tecipatanya penyelenggara negara yang bersih dan bebas korupsi.

"Salah satunya dilakikan calon itu melaporkan harta kekayaannya sebagaimana mekanisme yang diatur KPK. Kami juga menyadari bahwa membuat regulasi ini juga rumit dan harus realistis," kata Wahyu, Jumat (27/4/2018).

Ia menjelaskan, prinsip aturan ini ialah calon legislatif petahana dan yang terpilih wajib melaporkan LHKPN. "Asumsinya juga calon terpilih yang bukan petahana. Kalau petahana kan, otomatis dia wajib (menyerahkan LHKP)," ujarnya.

Wahyu menambahkan, jika calon petahana tersebut tidak terpilih, maka nantinya tidak diwajibkan melaporkan LHKPN. Karena sudah tak lagi berstatus sebagai penyelenggara negara.

"Kami mewacanakan, salah satunya mendorong penyelenggara negara bebas KKN, maka caleg itu wajib melaporkan LHKPN. Praktiknya tidak akan efektif, maka kami memberikan jalan tengah bahwa LHKPN itu terkait persyaratan pelantikan dia. Kalau dia tidak menyerahkan laporan LHKPN maka dia tidak akan dilantik," paparnya. [ton]

Komentar

 
Embed Widget

x