Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 24 Mei 2018 | 03:08 WIB
 

Perludem Sayangkan Minimnya Perempuan di KPU

Oleh : Ray Muhammad | Jumat, 27 April 2018 | 15:56 WIB
Perludem Sayangkan Minimnya Perempuan di KPU
(Foto: inilahcom/ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar diskusi dengan topik Potret Perempuan Calon Anggota KPU Provinsi Pilihan Timsel, Jumat (27/4/2108).

Dalam diskusi ini turut hadir antara lain Komisioner KPU Wahyu Setiawan, Direktur Eksekutif Perkimpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini dan anggota Timsel Calon Komisioner KPU 2018-2023, Aditya Perdana.

Pada kesempatan ini, anggota Timsel Calon Komisioner KPU Aditya Perdana mengatakan pihaknya telah rampung melaksanakan tugasnya.

"Timsel memilih calon dan menyerahkannya kepada KPU untuk dilakukan uji kepatutan dan kelayakan," ujar Aditya di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Jumat (27/4/2018).

Ia menambahkan, KPU akan memilih setengah dari jumlah calon yang disodorkan Timsel. Adapun jumlah anggota KPU di provinsi berbeda-beda dalam rentang lima hingga tujuh orang sebagaimana diatur dalam Undang-undang Pemilu.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Perludem Titi Anggraini menyayangkan minimnya kalangan perempuan yang dipilih dari Timsel. Dari 172 calon di 16 provinsi hanya ada 30 persen, yakni 17,44 persen.

"Sementara jumlah laki-laki mencapai 142 orang atau sebesar 82,56 persen. Lembaga penyelenggara Pemilu merupakan lembaga strategis untuk diisi perempuan," kata Titi.

Adapun menurutnya peran-peran strategis yang dimiliki KPU dapat menentukan terjaminnya pemenuhan hak-hak politik perempuan di Pemilu. "Baik sebagai pemilih maupun peserta," ucapnya.[jat]

Komentar

 
Embed Widget

x