Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 12 Desember 2018 | 04:48 WIB

Bendahara Golkar Jateng Diperiksa KPK Soal eKTP

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Jumat, 27 April 2018 | 11:22 WIB

Berita Terkait

Bendahara Golkar Jateng Diperiksa KPK Soal eKTP
(Foto: Ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Penyidik KPK memanggil Bendahara DPD I Partai Golkar Jawa Tengah Tahun 2012 Bambang Eko Suratmoko untuk diperiksa sebagai saksi kasus dugaan korupsi proyek e-KTP pada Jumat (27/4/2018).

"Hari ini diagendakan pemeriksaan terhadap saksi Bambang Eko Suratmoko," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah di Jakarta.

Menurut dia, Bambang akan dimintai keterangan sebagai saksi untuk tersangka Irvanto Hendra Pambudi (IHP). Pasalnya, penyidik akan memperdalam informasi yang didapatkan dari saksi yang diperiksa hari Kamis (26/4) kemarin.

"Dikonfirmasi tentang dugaan aliran dana terkait e-KTP," ujarnya.

Untuk diketahui, KPK telah menetapkan keponakan mantan Ketua DPR Setya Novanto, Irvanto Hendra Pambudi Cahyo sebagai tersangka kasus korupsi pengadaan e-KTP.

"KPK telah menemukan bukti permulaan baru yang cukup untuk menetapkan IHP sebagai tersangka," ujar Ketua KPK Agus Rahardjo.

Irvanto diduga sejak awal mengikuti proses pengadaan e-KTP melalui perusahaannya yakni, PT Murakabi Sejahtera. Dia juga ikut beberapa kali dalam pertemuan di Ruko Fatmawati bersama tim penyedia barang proyek e-KTP.

Selain itu, Irvanto diduga mengetahui adanya permintaan fee sebesar 5 persen untuk mempermudah pengurusan anggaran e-KTP. Kemudian, Irvanto diduga menerima total 3,5 juta dollar AS.

Akibat perbuatannya, Irvanto disangkakan melanggar Pasal 2 Ayat 1 subsider Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 jo Pasal 55 Ayat 1 KUHP. [rok]

Komentar

Embed Widget
x