Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 25 Mei 2018 | 17:54 WIB
 

Menag Minta Amien Rais Jelaskan Ceramah Politik

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Kamis, 26 April 2018 | 23:32 WIB
Menag Minta Amien Rais Jelaskan Ceramah Politik
Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Bogor - Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin meminta kepada Amien Rais untuk menjelaskan maksud dari pesannya kepada para ustaz agar menyisipkan pesan politik dalam setiap ceramahnya.

"Seharusnya Pak Amien Rais menjelaskan apa yang dimaksud politik itu. Mungkin yang beliau maksudkan adalah politik dalam pengertian substantif," kata Lukman di Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (26/4/2018).

Lukman menduga maksud pesan Amien tersebut adalah ceramah politik dalam pengertian menyebarkan nilai-nilai universal dari ajaran agama.

"Misal, jangan membohong dan menipu. Itu adalah politik substantif. Kalau itu maksudnya, diwajibkan setiap kita memperjuangkan itu," ujarnya.

Namun, Lukman melarang jika dalam ceramah para ustaz di tempat ibadah berbau politik praktis. Karena tidak semua jamaah memiliki politik praktis yang sama satu sama lainnya.

"Ketika rumah ibadah dijadikan tempat untuk memperbincangkan politik praktis pragmatis, maka akan menimbulkan sengketa atau konflik di antara jamaah itu sendiri. Karena aspirasi mereka berbeda-beda terkait dengan praktis pragmatis itu," jelas dia.

Lukman menjelaskan, dalam undang-undang juga sudah jelas melarang politik praktik dibawa masuk atau disispkan dalam kegiatan keagaman di rumah ibadah.

"Ya makanya sebaiknya tanyakan ke Pak Amien Rais, karena kalau sudah politik praktis itu dilarang oleh UU kita. Karena tidak boleh berkampanye di rumah ibadah," tandasnya.[jat]

Komentar

 
Embed Widget

x