Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 21 Oktober 2018 | 05:37 WIB

Menakertrans Didesak Sosialisasikan Perpres TKA

Jumat, 27 April 2018 | 01:11 WIB

Berita Terkait

Menakertrans Didesak Sosialisasikan Perpres TKA
Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi M Hanif Dhakiri - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Aktivis Pemuda Alwashliyah, Indra Hasibuan mengatakan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi M Hanif Dhakiri harusnya menjadi garda terdepan untuk menjelaskan tentang Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 20 Tahun 2018 tentang penyederhanaan izin tenaga kerja asing (TKA).

"Menteri jangan seperti cuci tangan dan hanya mengarahkan persoalan kepada presiden, sehingga terkesan menjebak dan menyandera presiden," kata Indra, Kamis (26/4/2018).

Menurut dia, Perpres tentang TKA itu merupakan hasil rangkuman dari masukan-masukan para menteri atau staf ahli di bidang ketenagakerjaan sehingga harus juga dicarikan solusi yang proporsional untuk menjawab semua tuduhan miring terkait TKA.

Untuk diketahui, pemerintah telah mengeluarkan Perpres TKA yang memangkas prosedur perizinan TKA yang akan bekerja di Indonesia.

Sebenarnya, peraturan tersebut untuk mempermudah prosedur perizinan masuknya pekerja asing. Padahal, semua syarat komptensi pekerja masih sama hanya prosesnya saja yang disederhanakan.

Sementara itu Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Hanif Dhakiri menyebut Perpres Nomor 20 Tahun 2018 tentang Tenaga Kerja Asing (TKA) hanya untuk mempermudah birokrasi perizinan, bukan membebaskan tenaga asing bekerja di Indonesia.

"Kalau soal TKA saya perlu jelaskan bahwa perpres yang memperbaiki aturan mengenai TKA itu, bukan membebaskan tenaga kerja asing untuk bekerja di Indonesia," kata Hanif. [ton]

Komentar

Embed Widget
x