Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 20 Agustus 2018 | 12:44 WIB

Polri Bantu Pengawasan TKA di Indonesia

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Kamis, 26 April 2018 | 21:36 WIB
Polri Bantu Pengawasan TKA di Indonesia
Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Tenaga Kerja Asing (TKA) yang bekerja di Indonesia dinilai cukup banyak. Meski pengawasan penuh berada di tangan Imigrasi, namun Polri siap membantu mengawasi para TKA ini.

"Kalau ada orang mencurigakan kita berhentikan, kita tangkap. Kita tanya identitasnya, kalau dia tidak ada identitas jelas, kita serahkan lagi ke Imigrasi," kata Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (26/4/2018).

Setyo menjelaskan bahwa Badan Intelejen dan Keamanan (Baintelkam) Polri dulu punya wewenang melakukan pengawasan secara langsung. Namun, setelah terbit UU Nomor 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian, maka wewenang tersebut diambil alih oleh Imigrasi

"Dulu iya harus lapor ke polisi itu untuk didaya. Sekarang, Polri hanya melakukan pemantauan," ucap Setyo.

Meski begitu, jika ada TKA yang melanggar hukum di Indonesia maka polisi akan memproses sesuai dengan aturan hukum yang berlaku di Indonesia.

"Sesuai locus delicti-nya, dengan dasarnya adalah KUHP. Kejahatan dilakukan di Indonesia ya diproses," jelas Setyo.

Lebih jauh Setyo mengatakan saat ini memang ada tim yang dibentuk khusus untuk pengawasan orang asing, yakni Tim Pengawas Orang Asing (Timpora) yang bekerja di daerah. Sayangnya, tim tersebut dinilai kurang bekerja maksimal karena terbentur anggaran.

"Ya kan kita tidak ada anggarannya. Kalau polri, timpora itu kan tanpa anggaran," ungkap Setyo. [ton]

Komentar

x