Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 15 Agustus 2018 | 16:51 WIB

Polri Sebut Miras Oplosan Darurat Seperti Narkoba

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Kamis, 26 April 2018 | 17:53 WIB
Polri Sebut Miras Oplosan Darurat Seperti Narkoba
Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - 121 orang tewas akibat menenggak minumas keras (miras) oplosan. Peredaran miras ilegal ini sudah menjalar ke beberapa wilayah di Indonesia.

Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan peredaran miras oplosan ini sudah dikategorikan darurat. Bahkan, ia menyebut peredaran miras seperti halnya peredaran narkoba.

"Kita minta seluruh kesatuan wilayah (Satwil) aktif karena (miras oplosan) ini sudah seperti narkoba," ujar Setyo di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (26/4/2018).

Setyo mengakui peredaran miras ini tak sepenuhnya bisa dilarang total. Untuk mengakalinya agar tak disalahgunakan, ia kembali mendorong pemerintah untuk mereview kembali regulasi penggunaan miras.

"Kalau dilarang total (miras jenis methanol) enggak boleh karena dibutuhkan untuk industri cat, alat-alat kesehatan, DNA ini kan spirtus itu tidak bisa dilarang serta merta," katanya.

"Momen ini harusnya momen yg baik juga mengubah regulasi. Buat regulasinya jadi kalau ada yang mmbeli biang alkohol harus mendaftar, klo belum mendaftar dicurigai itu," sambung dia.

Sejauh ini korban menenggak miras oplosa di seluruh wilayah Indonesia diantaranya DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur sudah mencapai 121 orang. Beberapa pelaku, penjual bahkan yang memproduksi miras oplosan ini juga sudah dibekuk. [ton]

Komentar

x