Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 16 November 2018 | 13:40 WIB

Rocky Anggap Kasusnya Sengaja Diseret ke Politik

Oleh : Happy Karundeng | Rabu, 25 April 2018 | 15:52 WIB

Berita Terkait

Rocky Anggap Kasusnya Sengaja Diseret ke Politik
Pengamat politik Rocky Gerung - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Pengamat politik Rocky Gerung membantah jika dituding menistakan agama. Pasalnya ia mengaku sama sekali tak menjelaskan detil agama mana yang dia sebut dalam pernyataanya yang dianggap kontroversial.

Ia menjelaskan, saat itu hanya menerangkan soal makna fiksi di salahsatu stasiun televisi swasta yang tengah membahas soal makna 'fiksi' dalam ucpan Indonesia Bubar oleh Prabowo Subianto.

"Dalam imajinasi orang, fiksinya lain. Makanya saya kasih contoh dan saya ambil fiksi, dalam artian mengambil imajinasi," katanya, Rabu (25/4/2018).

Ia menyatakan pada dasarnya banyak juga kitab suci yang sudah faktual. Menurutnya kitab suci dalam satu istilah, kitab suci selalu berorientasi ke akhirat.

"Kitab suci dalam suatu istilah, selalu berorientasi ke akhirat, hari akhir, langit. Dan itu digerakkan oleh kemampuan fiksional kita loh. Saya enggak bisa membayangkan surga dan neraka seperti anak jaman sekarang membayangkan loh. Karena dia punya pengertian lain," kata dia.

Dia menilai, pelaporan terkait pernyataanya soal Kitab Suci ini sengaja diseret ke ranah politik.

"Jadi semua hal yang terkait dengan pemikiran, lalu ditempatkan ke ranah politis ya jadinya begini," tandasnya.

Diketahui Cyber Indonesia yang diwakili oleh Jack Lapian dan Permadani Arya melaporkan Rocky ke Polda Metro Jaya atas dugaan penyebaran ujaran kebencian.

Rocky dilaporkan atas pertanyaanya dalam acara televisi. Kala itu rocky bertanya "Kitab Suci fiksi atau bukan?," tanya Rocky Gerung. Sempat hening seketika, pertanyaan itu sontak disambut gelak tawa para hadirin usai Rocky menyambung "Siapa yang berani jawab?,".

Tidak lama, ahli Filsafat itu kembali melanjutkan kalimat yang sempat terputus "Kalau saya pakai definisi bahwa fiksi itu mengaktifkan imajinasi, Kitab Suci itu adalah fiksi, karena belum selesai, belum tiba itu, Babad Tanah Jawa itu Fiksi."

Tidak sampai 24 jam, Cyber Indonesia yang diwakili oleh Jack Lapian dan Permadani Arya segera mendatangi Mapolda Metro Jaya untuk melaporkan Rocky atas tuduhan tindak pidana menyebarkan ujaran kebencian. [ton]

Komentar

Embed Widget
x