Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 12 Desember 2018 | 04:50 WIB

1 Napi LP Manokwari Serahkan Diri, 12 Napi Buron

Rabu, 25 April 2018 | 01:07 WIB

Berita Terkait

1 Napi LP Manokwari Serahkan Diri, 12 Napi Buron
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Manokwari - Satu dari 13 narapidana Lembaga Pemasyarakatan Manokwari, Papua Barat, yang melarikan diri pada Minggu (22/4) menyerahkan diri untuk melanjutkan sisa masa hukumannya.

"Inisialanya BM, datang diantar keluarganya ke kantor Lapas Manokwari," kata Kepala Lapas Manokwari, Yosep Yembise, Selasa (24/4/2018).

Saat ini sebanyak 12 warga binaanya masih dalam pencarian. Tim gabungan dan Lapas dan Polri sedang melacak keberadaan mereka.

Dia mengutarakan, Lapas bersama Polres Manokwari dan Polda Papua Barat membentuk dua tim untuk menangkap kembali para napi. Setiap tim beranggotakan 10 orang.

Tim pencari terus berupaya mempersempit pergerakan belasan warga binaan yang kabur. Dia pun berharap narapidana kabur ini dapat menyerahkan diri.

"Belum didapat. Saat ini tim Polres dan Lapas sedang melakukan pencarian," katanya.

Terkait senjata tajam berupa kapak, pisau dan gunting yang dipakai narapidana untuk pengancam petugas Lapas saat melarikan diri, pihaknya belum bisa memastikan. Hal itu masih didalami.

Sebanyak 16 narapidana Lapas Manokwari melarikan diri pada Minggu (22/4). Mereka keluar melalui pintu utama dengan cara mengancam petugas menggunakan senjata tajam. Tiga orang berhasil ditangkap sesaat setelah insiden itu. Satu napi menyerahkan diri, Selasa.

Pascaperistiwa ini penjagaan di Lapas kelas IIB ini diperketat. Setiap pengunjung yang datang diperiksa secara detail termasuk barang yang dibawa.

Di Lapas yang terletak di Kampung Ambon Manokwari ini terdapat tiga pintu sebelum masuk ke ruang tahanan. Penambahan petugas jaga dilakukan terutama di pos penjaga pintu utama.

Pelarian warga binaan bukan baru pertama kali terjadi di Lapas Manokwari. Kejadian serupa sudah terjadi beberapa kali. Kondisi Lapas yang kelebihan kapasitas ditengarai menjadi salah satu faktor insiden tersebut.[tar]

Komentar

Embed Widget
x