Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 16 Oktober 2018 | 03:38 WIB

WNA Tanpa Keterampilan Tak Akan Diizinkan Jadi TKA

Oleh : Ray Muhammad | Jumat, 20 April 2018 | 15:42 WIB

Berita Terkait

WNA Tanpa Keterampilan Tak Akan Diizinkan Jadi TKA
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Bogor - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan pemerintah siap menyampaikan alasan memperingkas perizinan tenaga kerja asing (TKA) bekerja di Indonesia dengan menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 20 Tahun 2018 kepada DPR.

Moeldoko menjelaskan, warga negara asing yang akan diberikan izin untuk mendapatkan status tenaga kerja di Indonesia tentunya akan dipilih secara selektif.

Ia menegaskan, hanya WNA yang memiliki keterampilan yang mumpuni dan dibutuhkan di Indonesia saja yang bisa menjadi tenaga kerja dan dipekerjakan sesuai dengan bidangnya. Jika tidak, tentu tak akan mendapatkan izin dari pemerintah.

"Persyaratan secara substansi, TKA itu harus menduduki pekerjaan yang memiliki skill. Intinya tetap ada persyaratan tertentu yang harus dimiliki TKA yang ingin bekerja di Indonesia," kata Moeldoko di area Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (20/4/2018).

Untuk itu, mantan Panglima TNI ini mengatakan DPR tak perlu khawatir rakyat Indonesia akan semakin kesulitan mendapatkan pekerjaan usai Perpres ini diteken oleh Presiden Jokowi.

"Ya, memang perlu penjelasan mengenai Perpres ini. Pemerintah siap memberikan klarifikasi apa sih sebenarnya kepada DPR," ucapnya. [ton]

Komentar

Embed Widget
x