Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 22 Oktober 2018 | 18:20 WIB

Istana Minta DPR Pahami Pepres TKA

Oleh : Ray Muhammad | Jumat, 20 April 2018 | 14:05 WIB

Berita Terkait

Istana Minta DPR Pahami Pepres TKA
Menteri Sekretaris Negara Pratikno - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Bogor - Menteri Sekretaris Negara Pratikno meminta DPR untuk lebih memahami makna perizinan tenaga kerja asing (TKA) dalam Peraturan Presiden Nomor Nomor 20 Tahun 2018 yang diteken oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sebagaimana diberitakan, menyikapi terbitnya Perpres ini, DPR berencana membentuk panitia khusus (pansus) angket TKA. Adapun wacana pansus ini disampaikan langsung oleh Wakil Ketua DPR Fadli Zon.

Mensesneg mengatakan, DPR harus memahami bahwa dengan adanya Perpres Penggunaan TKA ini, bukan berarti semua warga negara asing bisa seenaknya meminta izin kepada pemerintah untuk menjadi tenaga kerja di Indonesia.

"Ini prosesnya penyederhanaan pelayanan saja. Misalnya, proses perizinannya disederhanakan dengan sistem online," kata Pratikno di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (20/4/2018).

Ia mencontohkan, salah satu bentuk proses perizinan yang dapat diterapkan melalui sistem daring misalnya adalah kepengurusan surat kelakuan baik.

"Misalnya, saya bikin kelakuan baik prosesnya disederhanakan dengan online. Kalau tidak berkelakuan baik ya, tidak keluar (suratnya)," tandasnya. [rok]

Komentar

Embed Widget
x