Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 16 Oktober 2018 | 03:38 WIB

KSP Diharap Proaktif Sampaikan Program Pemerintah

Rabu, 18 April 2018 | 22:23 WIB

Berita Terkait

KSP Diharap Proaktif Sampaikan Program Pemerintah
Pengamat Komunikasi Politik dari KedaiKopi, Hendri B Satrio - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Pengamat Komunikasi Politik dari KedaiKopi, Hendri B Satrio menilai kerja Moeldoko sebagai Kepala Staf Kepresidenan kini lebih teratur.

Menurut dia, Moeldoko bisa menyampaikan pesan kepada publik terkait program-program Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK).

"Moeldoko mau memainkan peranan yang lebih baik dari Teten, dia (Moeldoko) bisa mewakili dan mempresentasikan maunya Istana di depan publik," kata Hendri, Rabu (18/4/2018).

Ia mengatakan KSP memiliki peranan penting untuk meningkatkan kualitas komunikasi dengan seluruh instansi pemerintah. Sehingga tidak timbul kesalahpahaman yang terjadi di lapangan.

"Karena setiap Jokowi berpidato kenegaraan tahunan kerap menekankan koordinasi dan komunikasi antarinstansi pemerintah harus diperbaiki," ujarnya.

Maka dari itu, Hendri melihat Moeldoko bisa membantu dan mendukung Jokowi dalam meneruskan pesan kepada publik agar lebih baik dan tidak terjadi salah paham informasinya.

"Hal yang patut diapresiasi kerja KSP ini adalah adanya ruang bagi masyarakat untuk menyampaikan masukan, keluhan maupun informasi kepada pemerintah melalui KSP. Sekarang KSP kinerjanya lebih teratur dan tidak seliweran," jelasnya.

Sementara itu Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Pelita Harapan, Emrus Sihombing mengatakan posisi KSP merupakan strategis dalam lingkaran istana. Namun, sampai saat ini kinerja KSP belum terlihat di ruang publik.

"KSP merupakan jabatan strategis di lingkungan presiden, idealnya disampaikan ke publik apa yang direncanakan, dilakukan dan capaiannya yang sudah diperoleh. Bisa jadi tim komunikasinya tidak berjalan," katanya.

Oleh karena itu, Emrus berharap adanya publikasi yang lebih masif terkait dengan kerja KSP. Apalagi, KSP merupakan pihak yang dapat langsung berhubungan dengan presiden dan ikut bertanggungjawab atas publikasi keberhasilan kerja pemerintah.

"Ini juga untuk kepentingan pemerintahan, jadi harus pro aktif memperbincangkan keberhasilan pemerintahan Pak Jokowi serta harus menjadi leading sektor dari semua isu," tandasnya. [ton]

Komentar

Embed Widget
x