Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 22 Juli 2018 | 10:03 WIB
 

Petugas Sita 14 Hp Milik Napi Lapas Pamekasan

Oleh : - | Selasa, 17 April 2018 | 13:46 WIB
Petugas Sita 14 Hp Milik Napi Lapas Pamekasan
(Foto: beritajatim)

INILAHCOM, Pamekasan - Sebanyak 14 handphone (Hp) milik warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pamekasan disita petugas dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-54 Bhakti Pemasyarakatan, Senin (16/4/2018) kemarin.

Dalam proses penggeledahan tersebut, petugas Lapas Pamekasan menggandeng jajaran aparat Polres Pamekasan. "Dari hasil penggeledahan ini kami berhasil menyita 14 hp milik penghuni lapas," kata Kepala Lapas Kelas IIA Pamekasan Moh Latief Safiuddin, Selasa (17/4/2018).

Masuknya Hp tersebut dinilai masuk melalui keluarga yang berkunjung ke kompleks lapas, sekalipun proses pengawasan dilakukan intens oleh jajaran petugas Lapas Pamekasan. "Biasanya dari pihak keluarga yang berkunjung, tapi yang pasti beragam cara dilakukan. Seperti diselipkan di sandal atau di barang bawaan pengunjung," ungkapnya.

Berdasar regulasi jika terdapat pengunjung yang kedapatan membawa Hp untuk diberikan kepada penghuni lapas, maka mereka terancam sanksi yang sudah ditentukan. "Soal itu tentu akan kami beri sanksi, bahkan dalam aturan pengunjung tidak boleh membawa Hp untuk mengunjungi napi (narapidana)," jelasnya.

Tidak hanya itu, para napi yang kedepatan menyimpan Hp bakal mendapatkan sanksi disiplin berdasar regulasi yamg berlaku. "Jika ketahuan membawa Hp, maka ia akan kami asingkan dalam lapas selama enam hari dan tidak boleh ada pengunjung, sekalipun dari pihak keluarga," tegasnya.

"Untuk pemeriksaan kali ini kami hanya menyita 14 Hp, selanjutnya barang sitaan itu langsung kita musnahkan dengan cara ditempatkan dalam tugu yang telah kami siapkan. Selanjutnya barang sitaan itu kami bakar," pungkasnya. [beritajatim]

Tags

Komentar

x