Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 25 Juni 2018 | 13:02 WIB
 

PKPI Tuding KPU Sebarkan Berita Bohong

Oleh : Fadhly Zikry | Senin, 16 April 2018 | 20:21 WIB
PKPI Tuding KPU Sebarkan Berita Bohong
Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) akan melaporkan komisioner Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asyari, ke Polda Metro Jaya. - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) melaporkan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari ke Polda Metro Jaya, Senin (16/4/2018). Hasyim dilaporkan atas tuduhan menyebarkan berita bohong.

"Kami melaporkan Hasyim Asy'ari Komisioner KPU dimana kita melaporkan bahwa yang bersangkutan sudah menyebarkan berita bohong," kata kuasa hukum PKPI, Reinhard Holomoan kepada wartawan di Polda Metro Jaya.

Adapun berita bohong yang dimaksud PKPI yaitu pernyataan Hasyim yang mengatakan akan melakukan banding atas putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) yang meloloskan PKPI sebagai peserta Pemilu 2019.

"Kenapa itu dikatakan bohong, yaitu karena undang-undang pemilu menyatakan putusan PTUN itu final dan mengikat dan diperkuat oleh MA (Mahkamah Agung) bahwa putusan PTUN itu tidak bisa dibanding, kasasi maupun PK (peninjauan kembali). Jadi itulah berita bohong yang disampaikan Hasyim Asy'ari," tutur Reinhard.

Laporan PKPI itu teregister dengan nomor TBL/2088/IV/2018/PMJ/Dit Reskrimsus tertanggal, 16 April 2018. PKPI melaporkan Hasyim dengan Pasal 27 Ayat (3), 310 dan 311 KUHP.

"Hal ini berdampak kepada kader PKPI di mana di tengah masa persiapan yang sangat minim, berita tidak benar ini menjadi semacam teror kepada stakeholder dan kader yang akan menurunkan kepercayaan kepada PKPI," tandasnya. [ton]

Tags

Komentar

 
x