Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 22 Juni 2018 | 06:19 WIB
 

Cegah Calon Kepala Daerah Pengguna Narkoba

BNN-KPU Jalin Kerjasama Tes Urine

Oleh : - | Senin, 16 April 2018 | 22:00 WIB
BNN-KPU Jalin Kerjasama Tes Urine
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Heru Winarko memastikan adanya kerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mengawasi agar calon kepala daerah yang maju Pilkada 2018 tidak menjadi pengguna narkoba.

Heru mengungkapkan, BNN sudah menandatangani nota kesepahaman dengan KPU terkait kerja sama dalam rangka Pilkada dan Pilpres, terutama persiapan untuk calon-calon anggota DPR maupun calon kepala daerah.

"Salah satu isi dari kesepakatan itu adalah menyebarluaskan program Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dan tes uji narkoba," ujar Heru di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/4/2018).

BNN, lanjutnya, akan melakukan tes urine secara paksa apabila diperlukan. Hal ini dilakukan demi meningkan upaya penegakan hukum, khususnya ketika ada yang terjaring operasi tangkap tangan narkoba.

"Jadi untuk tes narkoba ini harus ada kerelaan. Misalnya, ada paksaan dari kita itu dalam upaya penegak hukum. Jadi, tidak bisa kalau kita melakukan operasi, tertangkap tangan itu kita melakukan langsung. Biarpun tidak ada dari permintaan mereka, kami lakukan tes urin," ujarnya.

Komentar

 
x