Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 22 Juli 2018 | 10:10 WIB
 

Merasa Dirugikan, PKPI Akan Laporkan KPU ke Polisi

Oleh : Agus Irawan | Senin, 16 April 2018 | 15:53 WIB
Merasa Dirugikan, PKPI Akan Laporkan KPU ke Polisi
Sekjen Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Imam Anshori - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Sekjen Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Imam Anshori mengaku kecewa terhadap langkah KPU RI yang memproses dugaan pelanggaran kode etik majelis hakim Pangadilan Tata Usaha Negara (PTUN) ke Komisi Yudisial (KY) dan rencana mengajukan peninjauan kembali (PK) ke Mahkamah Agung (MA).

Karena itu, Imam akan melaporkan Ketua KPU RI Arief Budiman dan Komisioner KPU RI, Hasyim Asyari ke polisi. Sebab, pernyataan KPU dinilai sudah mengintimidasi PKPI.

"Saya akan bertemu Ketum, untuk membahas laporan KPU ke Komisi Yudisial (KY) dan soal rencana mengajukan peninjauan kembali (PK) ke Mahkamah Agung (MA)," kata Imam kepada wartawan, Senin (16/4/2018).

Menurut dia, pernyataan Ketua KPU, Arief Budiman dan Komisoner KPU, Hasyim Asyari tersebut membuat para sejumlah kader PKPI resah. Sehingga dikhawatirkan para calon legislatif (caleg) yang diajukan PKPI batal.

Seperti diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) berencana membuat laporan dugaan pelanggaran kode etik terhadap hakim Pengadilan Tata Usaha Negara Jakarta ke Komisi Yudisial (KY). Hal ini terkait dengan hasil putusan PTUN yang mengabulkan gugatan PKPI untuk menjadi peserta pemilu 2019.

"KPU merasa ada beberapa hal yang harus dibahas dan ditindaklanjuti karena dirasa tidak sebagaimana pendapat dan pandangan yang dimiliki KPU," kata Ketua KPU Arief Budiman, Kamis (12/4/2018).

Arief mengaku KPU akan melakukan konsultasi dengan KY mengenai putusan tersebut. Dia berharap dari laporan tersebut akan ada analisis dan eksaminasi KY yang dapat digunakan KPU untuk mengambil sikap dan kebijakan di kemudian hari. [ton]

Tags

Komentar

x